Sukses Laksanakan Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup Tahun 2023 di Kabupaten Bungo

Sukses Laksanakan Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup Tahun 2023 di Kabupaten Bungo

Lomba Kampung Mantap Lingkungan Hidup Tahun 2023, Gubernur Jambi Al Haris Serahkan Secara Langsung Hadiahnya -Ist -

MUARO BUNGO, JEKTVNEWS.COM  - Gubernur Jambi, Al Haris menyerahkan hadiah juara lomba kampung mantap lingkungan hidup tingkat Provinsi Jambi tahun 2023, bertempat di Babusek Ayek, Desa Tanjung Mananti, Kecamatan Batin II Babeko, Kabupaten Bungo, Sabtu (16/12). 

Kegiatan ini turut dihadiri secara langsung, Bupati Bungo Mashuri, para OPD se-Provinsi Jambi, OPD dilingkungan Kabupaten Tebo, Dandim Bungo, Polres Bungo, Kejaksaan dan Kadis DLH Provinsi Jambi dan Kabupaten Bungo, para Rio se-Kabupaten Bungo dan tokoh masyarakat. 

BACA JUGA:Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kekayaan Negara Melebihi Target, BUMN Salurkan Dividen Rp 81,5 Triliun

Keputusan pemenang lomba ini sesuai dengan keputusan Gubernur Jambi nomor 992 /KEP.GUB/DLH-3/2023 Tentang Penetapan Pemenang Lomba Kampung Mantap.

Adapun pemenang dalam perlombaan ini yakni, juara 1 Desa Purwobakti asal Kabupaten Bungo, juara 2 Desa Teluk Nilau Tanjung Jabung Barat, Juara 3 Desa Tanjung Mananti Muarabungo. Kemudian, harapan 1 Desa Nibung Merangin, Harapan 2 Desa Sumur Anyir asal Sungai Penuh dan harapan 3 Desa Kampung Laut Tanjab Timur. 

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, melalui program Kampung Mantap Lingkungan Hidup ini, pihaknya ingin desa-desa yang ada di sempadan sungai Batanghari ikut terlibat aktif menjaga lingkungan hidup dan sungai Batanghari bersih.

"Program ini akan kita teruskan demi menjaga ekosistem yang ada di Sungai Batanghari. Jika tidak sekarang kapan lagi, karena sungai Batanghari ini sangat banyak manfaat bagi masyarakat bukan saja ikannya tapi airnya juga digunakan PDAM sebagai sumber air baku," ujarnya.

Ditambahkan oleh, Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Dr Varial Adhi Putra, ST, MM dalam sambutannya mengatakan,Kampung Mantap Lingkungan Hidup merupakan salah satu kegiatan yang disepakati, sebagai aksi nyata mendukung gerakan sungai Batanghari bersih.

Kegiatan ini meliputi sosialisasi dan pembinaan masyarakat desa yang berada di sepanjang sungai Batanghari, Sungai Pengabuan dan anak sungai lainnya di Provinsi Jambi tentang pengelolaan sampah rumah tangga, pembentukan Bank Sampah, TPS3R dan komunitas peduli sampah lainnya. 

Selain itu, juga digalakkan penanaman pohon di sempadan sungai, serta mendorong kegiatan lainnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya peningkatan kualitas sempadan sungai dan air sungai. 

BACA JUGA:Wakil Bupati Batang Hari Hadiri Forkompinda Jambi dalam Rangka Persiapan Natal dan Tahun Baru 2024

“Berdasarkan data base kami terdapat 424 desa dan kelurahan di Provinsi Jambi yang berada di pinggir sungai Batanghari," ungkapnya.

Sungai Pengabuan dan sungai besar lainnya di Provinsi Jambi dimana masyarakatnya perlu dibina agar meningkat kesadarannya untuk tidak mencemari sungai,” ujar Varial.

Pada tahun 2022 saja, DLH Provinsi Jambi telah dibina 22 desa bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten/kota se-Provinsi Jambi melalui dana pada APBD Provinsi Jambi.

Sumber: