Panelis Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024, Akademisi Berpengalaman Siap Buka Wacana

Panelis Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024, Akademisi Berpengalaman Siap Buka Wacana

Debat Terakhir Pilpres 2024 Capres Adu Gagasan untuk Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan SDM!--instagram @kpu_ri

 

5. Agus Riewanto

Agus Riewanto merupakan pengajar di Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Ia tercatat sebagai Tim Ahli Pemeriksa Sengketa Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham RI) pada 2017 hingga kini.

 

6. Susi Dwi Harijanti

Susi Dwi Harijanti adalah Ketua Kelompok Kerja Reformasi Sektor Peraturan Perundang-undangan Tim Percepatan Reformasi Hukum yang dibentuk Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Susi menyelesaikan gelar Sarjana dari Fakultas Hukum UNPAD pada 1990 silam. Ia meraih gelar Master dan Doktor dari Melbourne University Law School dengan beasiswa dari Pemerintah Australia.

 

7. Bayu Dwi Anggono

Bayu Dwi Anggono adalah dosen sekaligus guru besar dalam bidang Ilmu Perundang-undangan di Universitas Jember (UNEJ). Dia juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum di universitas tersebut. Selain itu, dia Bayu juga adalah Sekjen Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara (AP HTN-HAN).

BACA JUGA:Kasus Covid-19 Melonjak, Ingatkan Masyarakat Segera Lakukan Vaksinasi

8. Ahmad Taufan Damanik

Ahmad Taufan Damanik dikenal sebagai Ketua Komnas HAM periode 2017-2020. Sebelum memimpin lembaga itu, Taufan adalah dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara dari tahun 1987 hingga 2016. Taufan mendapat gelar S1 dari Universitas Sumatera Utara (lulus 1987). Kemudian dia melanjutkan kuliah di University of Essex, Inggris (lulus 2005).

 

9. Al Makin

Al Makin merupakan akademisi sekaligus sosiolog di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang fokus dalam studi keagamaan. Dia juga menjabat sebagai rektor di kampus tersebut sejak 2020 hingga 2024. Al Makin cukup rajin menulis opini di media dan banyak menerbitkan penelitian dan artikel ilmiah terkait bidang keilmuannya.

Sumber: