Terkenal Kaya Rempah dan Cita Rasa yang Kuat, Inilah 5 Kuline Khas Aceh

Terkenal Kaya Rempah dan Cita Rasa yang Kuat, Inilah 5 Kuline Khas Aceh

Ilustrasi mie aceh-Freepik-

JEKTVNEWS.COM Masakan khas Aceh merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kekayaan budaya Indonesia.

Dikenal dengan rempah-rempahnya yang kaya dan cita rasa yang kuat, masakan Aceh telah menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

BACA JUGA:6 Khasiat Luar Biasa Sayur Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah beberapa contoh masakan khas daerah provinsi Aceh.

1. Mie Aceh

Mie Aceh adalah salah satu masakan khas yang paling terkenal dari Aceh. Mie kuning tebal disajikan dengan kuah kari yang kaya rempah, potongan daging sapi atau ayam, udang, dan sayuran. Rasa pedas dan gurih kari Aceh membuat masakan ini sangat istimewa.

2. Gulai Beulangong

Gulai Beulangong adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan kuah kari kental dan gurih. Rempah-rempah yang digunakan dalam masakan ini, seperti lengkuas, jahe, dan serai, memberikan cita rasa yang khas dan lezat.

3. Rendang Aceh

Rendang adalah masakan khas Minangkabau yang juga populer di Aceh. Daging sapi yang dimasak dalam santan dan rempah-rempah kering ini memiliki cita rasa yang kaya dan tekstur yang gurih. Rendang Aceh biasanya lebih pedas dan memiliki aroma rempah yang lebih kuat.

BACA JUGA:PanglimaTNI: Bekerjalah Dengan Niat Ibadah, Loyal, Tulus dan Ikhlas

4. Sate Matang

Sate Matang adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dipanggang dan disajikan dengan bumbu kacang dan lontong.

Sate ini memiliki cita rasa yang khas karena bumbu kacangnya yang pedas dan gurih.

Sumber: