5 Bahaya Kekurangan Minum Air Putih Saat Beraktivitas Berkerja

5 Bahaya Kekurangan Minum Air Putih Saat Beraktivitas Berkerja

Bahaya Kekurangan Minum Air Putih-ist-

JEKTVNEWS.COM - Air penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan  cairan yang terus menerus dapat menimbulkan berbagai akibat serius di kemudian hari.

Tubuh manusia membutuhkan jumlah cairan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya bertujuan untuk mengatur suhu tubuh, melumasi sendi, dan membuang limbah dari tubuh.

BACA JUGA:Tanggal 19 Oktober, Pasangan Bakal Calon Presiden Anies dan Muhaimin Daftarkan Diri ke KPU

Ketika tubuh tidak menerima jumlah cairan yang dibutuhkan, maka tubuh akan merasa haus. Dengan cara ini, orang yang kekurangan cairan akan terdorong untuk minum lebih banyak.

Pakar olahraga dan pendiri Precision Hydration, Andy Blow, mengatakan: “Tubuh sangat baik dalam mendorong kita untuk minum air ketika kita membutuhkannya, karena (konsumsi air) sangat penting untuk kelangsungan hidup kita,” katanya, dikutip dari Express, Selasa (16/10).

BACA JUGA:Motojelajah Berpetualang Tanpa Batas, Menyusuri Keindahan Negeri Dimulai dari Sebuah Hobi

Selain itu, seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima kondisi yang dapat muncul dan menimbulkan risiko kesehatan:

1. Masalah pencernaan

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mempengaruhi pergerakan usus dan  produksi limbah. Saat tubuh terhidrasi, reseptor air di sistem pencernaan akan menyerap uap air untuk melunakkan tinja. 

Jika tubuh tidak mendapat cukup air, tinja bisa menjadi keras sehingga menyebabkan sembelit dan sulit  buang air besar. Beberapa efek samping juga mungkin terjadi seperti kram dan sakit perut.

2. Sakit kepala

Jika Anda sakit kepala, bisa jadi itu karena Anda kurang minum air. Kekurangan cairan dalam tubuh menyebabkan pembuluh darah di otak meregang sehingga menimbulkan sakit kepala.

Hidrasi yang cukup dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala pada penderita migrain.

3. Kelelahan

Sumber: