Kota Jambi Bulan September 2023 Alami Inflasi Sebesar 1,78%

Kota Jambi Bulan September 2023 Alami Inflasi Sebesar 1,78%

Kota Jambi Bulan September 2023 Alami Inflasi -ist-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi JAMBI dalam rilis perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan September 2023, mencatat Kota JAMBI mengalami inflasi "month to month" (mtm) sebesar 0,41 persen, dengan Indeks Harga Konsumen sebesar 116,85, inflasi "year on year" (yoy) sebesar 1,78 persen dan tingkat inflasi year to date (ytd) sebesar 1,70 persen. Dari 24 kota IHK se-Sumatera, Kota JAMBI berada pada peringkat 9 dan peringkat 15 se-Indonesia. 

BACA JUGA:5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat di Kala Musim Kemarau

Inflasi Kota Jambi terjadi disebabkan oleh kenaikan yang ditunjukkan dengan naiknya indeks harga pada enam kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

Kelompok pengeluaran ini menyumbang andil terbesar dalam pembentukan inflasi Kota Jambi, dengan kontribusi sebesar 0,96 persen, disusul oleh kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,23 persen, kelompok transportasi sebesar 0,42 persen, kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,24 persen, kelompok makanan, minuman/restoran sebesar 0,33 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,15 persen.

Sebelumnya pada bulan Agustus 2023 Kota Jambi alami inflasi terendah di Indonesia. Berdasarkan Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan Agustus 2023, mencatat Kota Jambi mengalami deflasi "month to month" (mtm) sebesar 0,45 persen, sehingga inflasi mtm Kota Jambi sebesar 1,28 persen dan yoy sebesar 1,92 persen

BACA JUGA:PT Sarimelati Kencana Tbk Buka Lowongan Kerja, Syarat Mudah Cek Segera Syaratnya disini

Terkendalinya inflasi di Kota Jambi beberapa bulan terakhir dalam kurun waktu triwulan ketiga 2023 ini tidak terlepas dari hasil kerja keras dan komitmen dari seluruh jajaran Pemerintah Kota Jambi bersama seluruh stakeholder yang terlibat, yang telah berupaya menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi.

"Sesuai arahan presiden, dalam pengendalian inflasi nasional dan daerah, kebijakan moneter dan fiskal dilaksanakan oleh bank sentral, yaitu Bank Indonesia. Kebijakan lainnya yang paling ampuh adalah peninjauan lapangan yang terus menerus kita lakukan. Peninjauan harga komoditi di pasar, intervensi pasar, inovasi dan lainnya. Itu adalah bentuk intervensi langsung, langkah kongkrit pemerintah terhadap upaya pengendalian inflasi," ujar Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

BACA JUGA:Kaya Nutrisi dan Kandungan Air, Inilah 6 Buah yang Cocok Dikonsumsi di Musim Kemarau

Pemerintah Kota Jambi jelas Fasha, telah melaksanakan 11 langkah kongkrit upaya penanganan dan stabilisasi laju inflasi di Kota Jambi. 

11 langkah kongkrit tersebut diantaranya meliputi :

1. Sidak dan pemantauan secara kontinu komoditas konsumsi masyarakat di berbagai pasar, ritel, dan pergudangan; 

2. Aktif mengadakan bantuan sosial dan program pengentasan miskin ekstrem; 

BACA JUGA:Simulasi KUR BCA 2023 Pinjaman Rp10 Juta Angsuran Cuma Rp30 Ribu Per Hari

Sumber: