Timnas Indonesia U-24 Pastikan Tiket ke Babak 16 Besar Asian Games 2023

Timnas Indonesia U-24 Pastikan Tiket ke Babak 16 Besar Asian Games 2023

Timnas Indonesia U-24 Melaju ke Babak 16 Besar Asian Games 2023--pssi.org

JEKTVNEWS.COM - Meskipun mengalami kekalahan tipis 0-1 dari Korea Utara pada tadi malam tepatnya hari Minggu 24 September 2023, Timnas Indonesia U-24 akhirnya dipastikan lolos ke babak 16 besar Asian Games 2023. Kekalahan ini membuat Indonesia berada di peringkat ketiga Grup F, dengan Kirgistan berada di posisi runner-up dan Korea Utara sebagai pemuncak klasemen dengan poin sempurna.

Poin yang dikumpulkan oleh Indonesia, Kirgistan, dan Taiwan sebenarnya sama, yaitu tiga. Namun, Kirgistan dan Indonesia memiliki selisih gol yang lebih baik dibandingkan Taiwan. Setelah laga terakhir Grup F, selisih gol Indonesia dan Kirgistan sama-sama nol, sedangkan Taiwan memiliki selisih gol minus empat, yang membuatnya menjadi juru kunci Grup F.

 

BACA JUGA:Duo Atlet Dayung Putri Indonesia Raih Medali Perunggu di Asian Games 2023

 

Dalam penentuan peringkat, jika selisih gol sama, regulasi yang berlaku adalah produktivitas gol. Kirgistan dalam hal ini memiliki empat gol, sedangkan Indonesia hanya dua. Dengan demikian, Kirgistan otomatis lolos ke babak 16 besar bersama dengan Korea Utara. Kirgistan akan menghadapi Korea Selatan, sementara Korea Utara akan berhadapan dengan runner-up Grup E.

Lalu, bagaimana nasib Indonesia? Jika melihat situasi persaingan di lima grup lainnya, Indonesia sudah berada dalam posisi yang aman. Timnas Indonesia mengumpulkan tiga poin dengan selisih gol +1. Indonesia sudah pasti lolos karena hanya lima tim yang bersaing mencari tiket ke babak 16 besar dari posisi peringkat ketiga terbaik, yaitu Grup A, B, D, E, dan F. Grup C tidak ikut bersaing untuk tiket peringkat ketiga terbaik karena hanya diisi dua tim, yang berarti dua tim dari Grup C akan lolos ke babak 16 besar.

 

BACA JUGA:Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-24 VS Korea Utara di Asian Games 2023

 

Selain itu, Grup D hanya diisi oleh tiga tim, yaitu Jepang, Palestina, dan Qatar. Dari tiga tim tersebut, Qatar hanya mengumpulkan satu poin setelah dua pertandingan. Dengan kata lain, hasil pertandingan terakhir Grup D antara Jepang dan Palestina tidak akan memengaruhi tim peringkat ketiga Grup D untuk lolos ke babak 16 besar. Dengan demikian, hanya tim peringkat ketiga dari Grup A, B, E, dan F yang akan melangkah ke babak 16 besar. Artinya, Timnas Indonesia U-24, sebagai tim peringkat ketiga dari Grup F, sudah pasti lolos ke babak selanjutnya. Pada babak 16 besar, Indonesia akan menghadapi pemuncak klasemen Grup C, yang diperebutkan oleh Uzbekistan dan Hong Kong.

 

Sumber: