Cara Tubuh Tidak Dehidrasi Saat Berkerja, No 4 Wajib Dihindari

Cara Tubuh Tidak Dehidrasi Saat Berkerja, No 4 Wajib Dihindari

ilustrasi Dehidrasi-apakabaronline-

JEKTVNEWS.COM - Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan terlalu banyak cairan tanpa cukup digantikan. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, dan apabila tidak ditangani dengan cepat, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Terutama bagi mereka yang berkerja dilapangan akan lebih cepat terasa dehidrasi ketika ditengah hari.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari dehidrasi:

1. Minum air yang cukup

Air adalah bahan bakar untuk tubuh kita. Tubuh kita membutuhkan air untuk menjaga suhu tubuh, mengeluarkan toksin, dan memelihara fungsi organ tubuh yang optimal. Jadi, pastikan Anda minum cukup air setiap hari. Sebagai rekomendasi, minumlah minimal 8 gelas (2 liter) air sehari.

BACA JUGA:Wali Kota Bobby Mengultimatum Para Pekerja Proyek Jalan yang Asal-Asalan di Kota Medan

2. Perhatikan jumlah asupan air ketika beraktivitas

Ketika Anda beraktivitas, terutama yang membutuhkan banyak energi seperti berolahraga atau bekerja keras, tubuh Anda akan kehilangan lebih banyak cairan melalui keringat. Pastikan Anda minum air secara teratur selama aktivitas tersebut. Sebagai rekomendasi, minumlah 1-2 gelas air setiap 15-20 menit ketika berolahraga.

BACA JUGA:Pemerintah Kota Jambi Tunda Selama 6 Bulan Kenaikan Tarif PDAM Tirta Mayang

3. Konsumsi makanan yang mengandung air

Selain minum air, Anda juga dapat mendapatkan cairan dari makanan yang dikonsumsi. Buah dan sayuran seperti semangka, timun, jeruk, tomat, dan bayam mengandung banyak air dan juga memiliki nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh.

4. Hindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein dapat menyebabkan dehidrasi karena keduanya adalah diuretik atau obat yang dapat memicu produksi urine yang lebih banyak. Jika Anda minum alkohol atau minuman berkafein, pastikan Anda minum cukup air untuk menggantikan cairan yang hilang.

5. Perhatikan tanda-tanda dehidrasi

Sumber: