Premier Film Haunted Mansion Disney diwarnai Aksi Mogok Kerja Para Aktor

Premier Film Haunted Mansion Disney diwarnai Aksi Mogok Kerja Para Aktor

Premier Film Haunted Mansion Disney diwarnai Aksi Mogok Kerja Para Aktor-USAToday-

JEKTVNEWS.COM - Disneyland California - Red carpet premier film terbaru Disney, Haunted Mansion, berlangsung dengan suasana berbeda ketika para aktor pengisinya melakukan aksi mogok kerja. Sejumlah karakter Disney menggantikan kehadiran para aktor yang tergabung dalam serikat aktor SAG-AFTRA yang sedang mogok.

Premier film Haunted Mansion semestinya dihadiri oleh sejumlah nama besar seperti LaKeith Stanfield, Tiffany Haddish, Danny DeVito, Rosario Dawson, Chase W. Dillon, Daniel Levy, Jamie Lee Curtis, Hasan Minhaj, Marilu Henner, dan Lindsay Lamb. Namun, mereka semua tergabung dalam SAG-AFTRA yang tengah mogok kerja.

Masih melakukan aksi mogok yang dimulai pada Kamis, 13 Juli 2023, pihak penyelenggara premier Haunted Mansion memutuskan untuk menampilkan karakter-karakter Disney di red carpet. Para karakter seperti Mickey dan Minnie Mouse, Maleficent, the Evil Queen dari Snow White and the Seven Dwarves (1937), serta Cruella de Vil hadir mengisi red carpet dan berfoto dengan para pengunjung.

BACA JUGA:GIIAS 2023, Pesta Otomotif Terbesar Kembali Meriahkan Indonesia

Satu-satunya orang dari produksi yang hadir adalah sutradara Justin Simien, yang mengaku "sedih" karena para pemainnya tidak dapat hadir dalam acara perayaan perilisan film tersebut. Namun, ia memahami posisi para aktor dan mendukung aksi mogok mereka.

Tindakan mogok massal para aktor Hollywood juga berdampak pada premier film lainnya. Acara red carpet untuk premier Oppenheimer di AS juga harus dibatalkan oleh Universal Pictures sebagai rumah produksi film tersebut. Dalam aksi mogok ini, sebanyak 160 ribu aktor Hollywood bergabung dengan belasan ribu penulis untuk menuntut kenaikan standar nominal pembayaran, royalti konten yang dirilis secara streaming, perlindungan pekerja kreatif dari kecerdasan buatan atau AI, serta pembatasan durasi kerja.

BACA JUGA:Momentum Baru Kabinet Kerja, Presiden Jokowi Lantik Pejabat Penting Termasuk Wamen dan Menkominfo

Mogok ini merupakan yang pertama dalam 60 tahun terakhir, menandakan persatuan aktor dan penulis Hollywood dalam menuntut perbaikan dan perlindungan hak mereka. Meskipun premier film Haunted Mansion dan Oppenheimer tetap berlangsung, aksi mogok kerja ini telah menunjukkan kekuatan dan determinasi para aktor dan penulis Hollywood dalam memperjuangkan hak-hak mereka di industri hiburan yang kompetitif.

Sumber: