Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Resmi Beroperasi, Panjangnya Hingga 61,6 Kilometer

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Resmi Beroperasi, Panjangnya Hingga 61,6 Kilometer

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Resmi Beroperasi, Panjangnya Hingga 61,6 Kilometer -Setpresri-

JEKTVNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Tol sepanjang 61,6 kilometer tersebut dibangun selama 12 tahun.

"Pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan siap untuk dioperasikan. Jalan tol ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang, ke Tol Cipali," kata Jokowi, Selasa (11/7).

BACA JUGA:Siang Tadi, Gempa Bumi Melanda Kepulauan Mentawai Sumatera Barat

"Dan supaya kita semuanya tahu Jalan Tol Cisumdawu ini sudah dimulai dibangun itu tahun 2011. Artinya, sudah 12 tahun," lanjutnya.

Terkait lamanya waktu pembangunan, menurutnya disebabkan beberapa faktor. Salah satunya soal pembebasan lahan dan pengerjaan dua terowongan yang panjangnya mencapai 472 meter.

BACA JUGA:DPR Sahkan RUU Kesehatan Jadi UU, Begini Tanggapan Presiden Jokowi

"Memang banyak problem di lapangan, utamanya urusan pembebasan lahan, pembebesan tanah. Dan kita berada di terowongan kembar, twin tunnel, yang panjangnya ini. Di seluruh Indonesia tidak ada. Jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pagi ini," jelasnya.

"Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun, yang dari pemerintah Rp9,07 triliun, sisanya dari KPBU dari swasta," tandasnya.

Sumber: