Indonesia Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17, PSSI Cari Stadion Pengganti GBK

Indonesia Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17, PSSI Cari Stadion Pengganti GBK

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023-ist-

JEKTVNEWS.COM - Indonesia baru-baru ini dikejutkan dengan keputusan FIFA yang menunjuknya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 setelah Peru mundur karena bencana alam.

Pengumuman ini disambut dengan sukacita oleh para penggemar sepak bola nasional. Namun, muncul masalah baru yang harus dihadapi PSSI, yaitu tidak dapat menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, untuk turnamen tersebut.

BACA JUGA:Pertamina Perkenalkan Pertamax Green 95, Campuran Bahan Bakar Minyak Baru

Stadion yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia ini telah dibooking untuk menggelar konser tunggal band asal Inggris, Coldplay, pada 15 November mendatang.

Sementara itu, Piala Dunia U-17 2023 direncanakan berlangsung mulai 10 November hingga 2 Desember. PSSI dihadapkan pada situasi di mana mereka harus mencari stadion pengganti untuk menggelar turnamen tersebut.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah memberikan saran terkait stadion alternatif yang bisa digunakan oleh PSSI. Jakarta Internasional Stadium (JIS), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), dan Gelora Bung Tomo (GBT) adalah empat stadion yang disebutkan oleh Presiden.

BACA JUGA:Dinas Kehutanan dan Mahasiswa Australia Lakukan Penelitian Restorasi Gambut

Meskipun JIS adalah nama stadion yang baru, tiga stadion lainnya sebelumnya telah dipersiapkan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023 yang dibatalkan.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa SUGBK tidak hanya harus digunakan untuk pertandingan sepak bola, dan PSSI dapat mencari stadion lain untuk menggelar laga-laga penting turnamen tersebut.

Pemerintah pusat juga mendukung upaya PSSI untuk menemukan solusi terbaik. Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, juga menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Stadion Manahan di Solo telah dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 sebelumnya dan memenuhi standar FIFA.

BACA JUGA:Kemendikbud Tunda Pencairan TPG Triwulan 2 Bagi Guru Sertifikasi, Begini Alasan dan Dampaknya

PSSI dan pemerintah akan mencari solusi terbaik untuk menentukan stadion pengganti yang sesuai dengan persyaratan dan standar internasional untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023. Meskipun ada kendala dengan SUGBK, Indonesia tetap berkomitmen untuk menyelenggarakan turnamen ini dengan sukses.

Dalam situasi ini, upaya kolaboratif antara PSSI, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah menjadi kunci untuk menemukan stadion pengganti yang memadai sehingga para pemain muda dari seluruh dunia dapat berkompetisi dalam suasana yang kondusif dan membanggakan.

Sumber: