Pecahkan Rekor, Kereta Cepat Jakarta Bandung Kecepatan 350 km/jam

Pecahkan Rekor, Kereta Cepat Jakarta Bandung Kecepatan 350 km/jam

Kereta Cepat Jakarta - Bandung-PT KCIC-

JEKTVNEWS.COM - Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kembali membuat sejarah dengan mencetak rekor Muri baru, kali ini dengan kecepatan tertinggi yang pernah dicapai. Pada uji coba yang dilakukan hari Kamis, 22 Juli 2023. KCJB berhasil melaju dengan kecepatan mencapai 350 kilometer per jam.

Perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta, menuju Padalarang hanya memakan waktu 32 menit, sementara dari Stasiun Tegalluar, Bandung, ke Stasiun Halim hanya butuh waktu 44 menit.

Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Utama KCIC (Kereta Cepat Indonesia China), menyatakan bahwa uji coba dengan kecepatan 350 km/jam tersebut berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali.

BACA JUGA:Timnas Voli Putri Indonesia Bersiap Hadapi Vietnam dalam Laga Final AVC Challenge Cup 2023

Ia menerangkan bahwa pegujian KCJB berjalan dengan lancar, aman dan terkendali. Pencapaian kecepatan kereta api ini membuktikan bahwa opresi KCJB sudah berada di jalur yang tepat.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang ikut serta dalam uji coba tersebut mengatakan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan jadwal operasional untuk kereta cepat ini. Menteri Budi menargetkan bulan depan, kereta cepat Jakarta Bandung sudah siap beroperasi.

Dalam keterangannya, ia menargetkan juli segera selesai dan agustus kereta api segera dioperasikan. Kereta ini dijadwalkan paling lambat 1 Oktober 2023. Namun Menteri Budi optimis bahwa izin tersebut dapat diterbitkan lebih cepat, mungkin pada 18 Agustus.

BACA JUGA:Final Taipei Open 2023: Tuan Rumah Taipei Dominan, Indonesia Berpeluang Raih Gelar

Selain itu, pemerintah juga berencana untuk menggratiskan tiket kereta cepat Jakarta Bandung selama tiga bulan pertama setelah beroperasi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melalui akun Instagramnya, mengumumkan kebijakan ini. "Gratis Selama 3 bukan pertama, Untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung. Dari 18 Agustus hingga Oktober," tutur Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Para pejabat pemerintah juga turut merasakan pengalaman naik kereta cepat Jakarta Bandung.

BACA JUGA:Begini Kata Presiden FIFA Soal Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Gubernur Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa ia sempat menjajal kereta dengan kecepatan mencapai 354 km/jam, sedangkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, melaksanakan rapat di dalam kereta tanpa merasakan gangguan suara.

Keduanya memuji kenyamanan perjalanan dan kemajuan teknologi yang ditunjukkan oleh kereta cepat ini. Menteri Budi Karya Sumadi juga menyatakan kepuasannya setelah menjajal perjalanan dari Jakarta ke Bandung dengan kereta cepat

Sumber: