Tak Hanya Peradangan, Ini Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Tak Hanya Peradangan, Ini Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Ilustrasi sakit tenggorokan saat menelan-Reyid-

JEKTVNEWS.COM - Tenggorokan terasa sakit ketika menelan makanan atau minuman sudah menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi. Istilah medis untuk masalah ini adalah odynophagia. 

Umumnya orang berpikir jika kondisi ini terjadi akibat peradangan. Namun, ternyata tidak semua sakit tenggorokan disebabkan karena itu.  

BACA JUGA:Ibu Wajib Tau! Begini Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Berikut ini Penyebab Tenggorokan Sakit saat Menelan : 

1. Infeksi Bakteri

Sakit tenggorokan saat menelan yang pertama dapat disebabkan karena infeksi bakteri. Saat ini terjadi, amandel akan mengalami bengkak.

Pengobatan untuk masalah ini adalah dengan diberi antibiotik. Jika tidak mendapat pengobatan segera, bisa mengalami komplikasi serius seperti kerusakan jantung dan ginjal.

2. Luka pada Tenggorokan

Sakit tenggorokan saat menelan yang kedua terjadi karena luka pada bagian tersebut. Ini dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau yang terlalu tajam sehingga bisa menimbulkan luka.

3. Penyakit Asam Lambung

Penyebab yang ketiga adalah akibat penyakit asam lambung. Hal ini umumnya terjadi karena asam lambung yang kronis. 

BACA JUGA:Wajib Tau! Manfaat Utama Kebugaran Jasmani, Nomor 8 Tak Disangka

4. Tenggorokan Terlalu Kering

Penyebab lainnya adalah karena tenggorokan yang terlalu kering. Hal ini dapat tejadi akibat udara yang kering sehingga membuat tenggorokan akan terasa kasar dan gatal. Akibatnya, tenggorokan akan terasa tidak nyaman ketika menelan.

5. Infeksi Jamur 

Penyebab tenggorokan sakit saat menelan yang terakhir  adalah akibat infeksi jamur pada mulut. Jamur dapat tumbuh jika kondisi sistem kekebalan tubuh melemah. Umumnya kondisi ini terjadi akibat infeksi jamur Candida. 

Selain itu, infeksi jamur pada tenggorokan juga bisa menyebabkan gejala lainnya seperti bercak putih pada lidah, kemerahan pada sudut mulut, hingga penurunan indera pengecap. 

Sumber: