Wajib Tau! Manfaat Utama Kebugaran Jasmani, Nomor 8 Tak Disangka

Wajib Tau! Manfaat Utama Kebugaran Jasmani, Nomor 8 Tak Disangka

Ilustrasi menjaga kebugaran jasmani -Zonareferensi-

JEKTVNEWS.COM - Kebugaran jasmani adalah yang berkaitan dengan fisk (physical fitness). Sedangkan kesehatan rohani adalah yang berkaitan dengan mental. Jasmani dan rohani merupakan ikatan satu sama lain. Menjaga Kebugaran jasmani memiliki banyak manfaat yang positif bagi kesehatan dan kualitas hidup seseorang.

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari menjaga kebugaran jasmani :

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Aktivitas fisik yang teratur membantu menjaga kesehatan jantung. Latihan aerobik seperti berlari, bersepeda, atau berenang dapat memperkuat otot jantung, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Yuk Ketahui! Tips Menjaga Kesehatan Selama Menjalankan Ibadah Haji

2. Meningkatkan kekuatan tubuh dan kekuatan otot

Latihan beban seperti angkat berat atau latihan kekuatan dapat membantu membangun otot dan meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini bermanfaat untuk melawan penurunan massa otot yang terjadi seiring bertambahnya usia.

3. Meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan

Aktivitas fisik yang melibatkan gerakan tubuh dapat meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi, sehingga membantu mencegah cedera dan memperbaiki postur tubuh. Latihan keseimbangan seperti yoga atau tai chi juga dapat membantu memperbaiki keseimbangan dan koordinasi.

4. Meningkatkan metabolisme dan mengelola berat badan

Olahraga teratur membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu membakar kalori dan menjaga berat badan yang sehat. Kombinasi antara latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan dapat membantu membentuk tubuh dan meningkatkan komposisi tubuh dengan mengurangi lemak dan meningkatkan massa otot.

5. Meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati

Aktivitas fisik dapat merangsang pelepasan endorfin, yaitu hormon "pemacu suasana hati" alami dalam tubuh. Ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi dan kecemasan.

BACA JUGA:Fakta Menarik Tentang Cengkeh, Rempah Asli Indonesia

6. Meningkatkan energi dan produktivitas

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan tingkat kebugaran secara keseluruhan. Ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan produktivitas sehari-hari.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan fisik yang teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk pemulihan tubuh yang baik dan kesehatan umum.

8. Mencegah penyakit kronis

Menjaga kebugaran jasmani dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, hipertensi, osteoporosis, dan beberapa jenis kanker.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Aktivitas fisik yang teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu melawan infeksi dan penyakit.

BACA JUGA:Lezat dan Manis, Inilah 5 Manfaat Buah Kurma yang Baik Untuk Kesehatan

10. Meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan

Sumber: