Lezat dan Manis, Inilah 5 Manfaat Buah Kurma yang Baik Untuk Kesehatan

Lezat dan Manis, Inilah 5 Manfaat Buah Kurma yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat buah kurma-Rawpixel-

JEKTVNEWS.COM - Buah Kurma atau buah yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera L. merupakan buah yang sangat banyak digemari oleh orang, terutama pada saat bulan puasa, akan terasa kurang lengkap jika tidak buah kurma.

Buah kurma termasuk buah tertua karena sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan dikisahkan zaman para Nabi dan Rasul sudah banyak ditemukan buah kurma.

BACA JUGA:Tak Perlu Khawatir, Ini 6 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Kurma selalu identik berasal dari Timur Tengah, karena memang budidaya terbesar buah kurma banyak diproduksi di sana seperti negara Arab Saudi, Mesir, Qatar dan lain-lain.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah kurma begitu banyak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain memiliki cita rasa yang unik dan manis buah kurma juga dapat mencegah penyakit.

BACA JUGA:Buah Pala: Khasiat Menjanjikan Bagi Kesehatan

Adapun kandungan buah kurma seperti karbohidrat, serat, protein, kalsium, zat besi, kalium, vitamin a, vitamin b, vitamin k, flavonoid dan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Buah kurma juga dipercaya dapat menjadi salah satu makanan sebagai sumber energi apalgi bagi seseorang yang sedang mengalami pemulihan dan masih banyak lagi manfaat lain dari buah kurma.

Berikut 5 manfaat buah kurma yang baik untuk kesehatan:

BACA JUGA:Bosan dalam Hubungan Pernikahan: Berikut Rutinitas yang dapat Mengatasi Kebosanan

1.     Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan selenium dan magnesium yang terdapat pada buah kurma sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang karena dapat menurunkan resiko penyakit osteoporosis.

2.     Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan antioksidan dalam buah kurma dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Meskipun mempunyai rasa yang manis akan tetapi tidak menyebabkan kadar gula naik.

3.     Baik untuk Kesehatan Kulit dan Mata

Kandungan vitamin a dalam buah manis ini berguna untuk mengurangi resiko gangguan mata dan zat asam pantotenat juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit agar tetap halus dan menjadi elastis.

4.     Mencegah Radikal Bebas

Kurma memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi efek radikal bebas yang ada dalam tubuh serta juga mampu melindungi sel dan jaringan tubuh.

BACA JUGA:Sah Mengganti Status Pandemi Menjadi Endemi Covid-19, Presiden Joko Widodo Ingatkan Pola Hidup Sehat

5.     Menjaga Kesehatan Jantung

Buah yang manis nan lezat ini juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, karena kandungan mangnesium dan kalium yang diperoleh pada buah kurma.

Sumber: