Tak Perlu Khawatir, Ini 6 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Tak Perlu Khawatir, Ini 6 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Ilustrasi cegukan pada bayi-Orami-

JEKTVNEWS.COM - Cegukan adalah kondisi umum yang dialami oleh banyak bayi. Meskipun biasanya tidak berbahaya, Cegukan bisa membuat bayi menjadi rewel dan sulit tidur.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi cegukan pada bayi:

1. Beri minum dengan hati-hati

Memberi bayi minum dengan hati-hati dapat membantu meredakan cegukan. Dapat menggunakan botol bayi dengan puting yang cocok untuk usia bayi. Pastikan agar bayi tidak terburu-buru minum atau terlalu banyak udara yang masuk.

BACA JUGA:Mitos atau Fakta Kembang Kuku Pertanda Ada yang Suka

2. Posisi yang tepat

Saat memberi makan atau menyusui bayi, pastikan kepala dan tubuhnya berada dalam posisi tegak. Hindari posisi bayi terlalu miring atau terlalu horizontal saat makan. Setelah makan, tahan bayi dalam posisi tegak selama beberapa waktu untuk membantu mengurangi cegukan.

3. Perhatikan pola makan

Cegukan pada bayi dapat dipicu oleh makan terlalu cepat atau makan terlalu banyak sekaligus. Membagi makanan bayi menjadi porsi yang lebih kecil dan memberi makan secara perlahan dapat membantu mencegah cegukan.

4. Menepuk punggung lembut

Setelah makan, bisa menepuk punggung bayi dengan lembut. Letakkan bayi di atas bahu dengan posisi yang sedikit condong ke depan, dan tepuk punggungnya secara perlahan. Hal ini dapat membantu mengeluarkan udara yang terjebak di perut bayi.

BACA JUGA:Tomat, Buah Merah Pelengkap Masakan dan Sajian Tepat Menu Diet Sehat

5. Memberikan jeda saat makan

Jika bayi sering mengalami cegukan saat makan, coba berikan jeda singkat antara setiap beberapa sendok makanan. Hal ini memberikan waktu bagi bayi untuk mengunyah dan menelan makanan dengan lebih baik, serta mengurangi risiko terjadinya cegukan.

6. Hindari kelelahan atau kelebihan rangsangan

Bayi yang lelah atau terlalu stimulasi dapat lebih rentan mengalami cegukan. Pastikan bayi memiliki waktu istirahat yang cukup dan hindari memberikan terlalu banyak rangsangan fisik saat ia merasa sangat aktif.

BACA JUGA:Wajib Tau! Inilah Sumber Vitamin A yang Penting untuk Tubuh

Jika cegukan pada bayi terus berlanjut atau terjadi dengan frekuensi yang tinggi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan anak. Mereka dapat memberikan nasihat dan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi bayi.

Sumber: