Jarang Diketahui, Ini Pentingnya Peran Asisten Dokter

Jarang Diketahui, Ini Pentingnya Peran Asisten Dokter

Ilustrasi asisten dokter-kerjayuk-

JEKTVNEWS.COM – Asisten dokter adalah seseorang yang bekerja bersama dengan dokter untuk membantu segala kebutuhan administratif dan klinis yang mungkin dokter butuhkan selama proses yang berhubungan dengan pasien. 

Secara umum, tugas asisten dokter terbagi menjadi dua yaitu tugas klinis dan tugas administratif

BACA JUGA:Ketahui Manfaat Teknologi Jika Digunakan Secara Positif oleh Manusia

Dilansir dari halodoc, Berikut ini beberapa peran penting asisten dokter yang jarang diketahui : 

1. Klinis

Klinis merupakan tugas yang tergolong dalam peran asisten dokter termasuk segala kebutuhan yang berhubungan dengan pemeriksaan kesehatan. Misalnya mengambil riwayat medis pasien, menjelaskan prosedur pengobatan yang akan dijalani pasien dan mempersiapkan pasien untuk observasi. 

Selain itu, asisten dokter juga bertugas untuk mempersiapkan kebutuhan lab dan menjelaskan tentang pengobatan pasien. Asisten dokter juga memiliki izin melakukan tes lab, elektrokardiogram, injeksi, mengganti perban, serta pemberian obat-obatan tertentu.

BACA JUGA:Kulit Terasa Kering Saat di Ruangan Ber-AC, Iniah Cara Mengatasinya
2. Administratif

Administratif merupakan tugas kesekretariatan yang perlu dikerjakan agar seluruh layanan medis dapat berjalan dengan lancar dan efektif.

Tugasnya adalah seperti menjawab panggilan dari calon pasien, menjadwalkan janji temu pasien dengan dokter, memperbaharui riwayat medis pasien, mengurus pemindahan pasien ke rumah sakit atau laboratorium, dan menangani korespondensi serta pembayaran.

Sumber: