Ketahui! Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Efektif

Ketahui! Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Efektif

Ilustrasi hidung tersumbat -Super You-

JEKTVNEWS.COM - Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti pilek, sinus, alergi, dan lainnya. Hidung tersumbat merupakan situasi yang sangat mengganggu sehingga perlu tahu cara untuk mengatasi Hidung tersumbat dengan cepat dan efektif.

Hidung tersumbat dapat mengakibatkan susah bernapas, tidur tidak nyaman, hingga dapat membuat penciuman kehilangan sensitivitasnya.

BACA JUGA:Bahaya Tidur Larut Malam: Risiko Kesehatan yang Harus Diketahui

Berikut ini cara untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif :

1. Menghirup Uap Panas

Menghirup uap panas dapat mengatasi hidung tersumbat dengan cepat. Caranya dengan merebus air hingga mendidih, kemudian masukan air ke wadah lalu bernapaslah di antara uap tersebut.

2. Menggunakan Minyak Angin

Minyak angin merupakan penanganan cepat dan efektif yang sering dilakukan orang-orang pada umumnya untuk mengatasi hidung tersumbat.

Minyak angin seperti minyak kayu putih atau balsem biasanya digosokkan ke area leher, dada, maupun hidung. Aroma terapi dari minyak angin tersebut dan rasa hangatnya bisa melancarkan hidung tersumbat.

3. Minum Air Jahe Hangat

Selain pengobatan dari luar ada juga cara pengobatan dari dalam yaitu dengan minum air jahe hangat. Minuman ini tidak hanya bisa membantu mengatasi hidung tersumbat, melainkan juga bisa melegakan tenggorokan dan membuat tubuh lebih fit dan sehat.

4. Tetap Terhidrasi

Tetap terhidrasi adalah salah satu cara yang sangat penting untuk menjaga asupan cairan tubuh agar tidak membuat kondisi tubuh menjadi semakin memburuk. 

Ketika sedang dalam kondisi hidung tersumbat mengonsumsi air sangatlah penting dan jangan sampai terlupakan, hal ini berguna untuk membantu mempercepat proses pemulihan.

BACA JUGA:Waspada! Dampak Polusi Udara Pada Kesehatan yang Sering Terabaikan

5. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Matahari pagi sekitar jam 7 – 9 memang sangat bagus dan banyak manfaat nya. Salah satunya juga bisa mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif.

Selain baik untuk imunitas tubuh, sinar matahari pagi juga baik untuk menjaga sistem metabolisme tubuh sehingga tubuh dapat membuang racun dan mempercepat proses penyembuhan.

Sumber: