Menarik! Inilah 5 Manfaat Daun Sirih Cina yang Belum Diketahui Banyak Orang

Menarik! Inilah 5 Manfaat Daun Sirih Cina yang Belum Diketahui Banyak Orang

Manfaat daun sirih cina untuk kesehatan-PictureThis-

JEKTVNEWS.COM - Daun sirih cina memiliki nama latin Paperomia pellucida atau biasa disebut dengan ketumpang air ternyata memiliki banyak mafaat bagi kesehatan.

Tanaman ini merupakan sejenis gulma dan sering tumbuh ditempat yang lembab yang mengandung air seperti di pematang sawah. Daun sirih cina memiliki bentuk daun yang serupa dengan sirih akan tetapi sirih cina berukuran lebih kecil dan tebal.

BACA JUGA:Amalan Untuk Mendatangkan Rezeki Bukan Sholat Dhuha, Berikut Penjelasan Dari Gus Baha

Kurangnya informasi dan pengetahuan tentang manfaat dari daun sirih cina terkadang membuat kita tidak peduli bahkan mencabut atau membiarkannya saja.

Ternyata kandungan senyawa yang ada pada daun sirih cina bisa mengobati berbagai macam penyakit dan berguna sebagai obat di dunia kesehatan.

Sifatnya yang pedas dan sejuk, seluruh bagian tanaman daun sirih cina bisa dijadikan sebagai obat dan memiliki manfaat

Dikutip dari buku Ahmad Zaeni Dahlan yang berjudul “ Ilmu dasar mengenai jamu tradisional dan herba terstandar” berikut beberapa manfaat daun sirih cina yang sangat baik bagi kesehatan, simak ulasannya:

1. Mengobati penyakit kulit

Daun sirih cina memiliki manfaat sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti bisul, jerawat, radang kulit dan abses. Dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun sirih cina.

BACA JUGA:Bahaya Kanker Payudara, Berikut Penyebab dan Cara Mencegahnya

2. Mengatasi masalah ginjal

Tanaman daun sirih cina dipercaya memiliki sifat antihiperglikemik dan antihipertensi yang berguna untuk mengobati penyakit ginjal, hipertensi dan diabetes yang bereratan dengan penyakit ginjal.

3. Mengobati sakit kepala dan demam

Selanjutnya manfaat dari tanaman ini yaitu bisa mengobati meredakan sakit kepala dan penderita demam. Adapun cara penggunaanya dengan ditumbuk daun sirih cina setelah into ditempelkan pada pelipis kanan dan kiri.

4. Meredakan sakit nyeri

Kandungan senyawa yang dimiliki daun sirih cina dipercaya memiliki antiradang dan antipiretik, ini berpotensi sabagai obat pereda nyeri sama seperti obat aspirin.  

5. Mengobati asam urat

BACA JUGA:Amankah Makan Durian Saat Hamil? Ini Faktanya

Manfaat yang paling terkenal dari daun sirih adalah sebagai obat asam urat. Kandungan antiinflamasi dan analgesik dipercaya bermanfaat untuk menurunkan asam urat. Cara mengkonsumsinya pun bisa dengan minum air rebusan, di buat jus ataupun dijadikan lalapan makanan.

Itulah beberapa manfaat dari daun sirih cina untuk kesehatan, semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: