Bahaya Kanker Payudara, Berikut Penyebab dan Cara Mencegahnya

Bahaya Kanker Payudara, Berikut Penyebab dan Cara Mencegahnya

Bahaya kanker payudara, beberapa penyebab dan juga cara pencegahannya-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum di dunia, tetapi sayangnya masih banyak wanita yang tidak menyadari pentingnya menjaga kesehatan payudara mereka.

Kanker payudara disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya kombinasi faktor genetik dan gaya juga hidup.

BACA JUGA:Menawarkan Wawasan Menarik, Buku Psikologi Of Money Wajib Untuk Dibaca!

Penelitian tersebut dilakukan oleh para ahli di bidang kesehatan di seluruh dunia dan melibatkan ribuan wanita yang telah didiagnosis dengan kanker payudara.

Menariknya kanker payudara lebih besar disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Hal ini lebih besar memicu terjadinya kanker dibandingkan dengan faktor genetik.

Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, kurangnya aktivitas fisik, dan pola makan yang tidak sehat. Menjaga pola hidup dan makan makanan yang sehat menjadi kunci utama.

Berikut merupakan cara mencegah terjadinya kanker payudara:

BACA JUGA:Menarik! Berikut Tipe Zodiak dalam Memilih Pasangan

Pertama, penting untuk melakukan pemeriksaan payudara secara teratur, terutama bagi wanita yang berusia di atas 40 tahun. Pemeriksaan payudara dapat dilakukan sendiri di rumah atau melalui pemeriksaan medis yang dilakukan oleh dokter atau ahli kesehatan.

Kedua, menjaga gaya hidup yang sehat juga penting untuk mencegah kanker payudara. Ini termasuk berolahraga secara teratur, menghindari merokok dan alkohol, serta menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

Ketiga, mengenali faktor risiko juga penting dalam mencegah kanker payudara. Wanita yang memiliki riwayat kanker payudara dalam keluarga atau memiliki faktor risiko lainnya, seperti usia yang lebih tua atau memiliki riwayat kanker lain, harus lebih berhati-hati dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Penting sekali untuk mengetahui gejala kanker payudara sehingga dapat segera melakukan tindakan jika ditemukan.

BACA JUGA:Keberangkatan 3 dari 12 Calon Jamaah Haji Kuota Tambahan Batanghari Gagal Berangkat

Gejala kanker payudara dapat berupa benjolan atau pembengkakan pada payudara, perubahan pada bentuk atau ukuran payudara, kulit payudara yang terlihat mengkerut atau menebal, atau cairan keluar dari puting.

Dengan menjaga kesehatan payudara dan mengenali faktor risiko serta gejala kanker payudara, wanita dapat mencegah penyakit ini dan menjaga kesehatan payudara mereka.

Sumber: