Ketahui, Inilah 7 Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Ketahui, Inilah 7 Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Ilustrasi Jempol Kaki Cantengan-Alodokter-

JEKTVNEWS.COM - Cantengan, juga dikenal sebagai onikokriptosis, adalah kondisi medis di mana ujung kuku tumbuh ke dalam kulit di sekitarnya. Ini biasanya terjadi pada jari kaki, terutama pada ibu jari kaki.

BACA JUGA:Cek Fakta Makan Pedas Bisa Sembuhkan Flu dan Batuk

Cantengan dapat menyebabkan peradangan, kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit. Jika tidak diobati atau terjadi infeksi, kondisi ini dapat memburuk dan menyebabkan komplikasi serius.

Untuk mengatasi kuku cantengan, dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Gunting kuku secara teratur

Potong kuku secara teratur menggunakan gunting kuku yang bersih dan tajam. Hindari memotong kuku terlalu pendek karena ini dapat menyebabkan masalah seperti kuku incarnate (kuku yang tumbuh ke dalam kulit).

BACA JUGA:Manfaat Nanas, Mencegah Resiko Kanker & Meingkatkan Kesehatan Tulang

2. Gunakan kikir kuku

Setelah memotong kuku, gunakan kikir kuku untuk merapikan permukaannya. Hindari mengikis terlalu keras atau terlalu banyak agar tidak merusak kuku.

3. Jangan menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku dapat memperburuk kondisi kuku cantengan. Cobalah untuk menghindari kebiasaan ini dan jika perlu, gunakan produk anti-gigit kuku yang tersedia di pasaran.

BACA JUGA:Waw! Ini 13 Manfaat Yuzu Untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 4 Dapat Mencegah Kanker

4. Rendam kuku dalam air hangat

Rendam kuku dalam air hangat selama beberapa menit untuk melembutkan kuku dan kulit di sekitarnya. Hal ini dapat memudahkan dalam merapikan kuku yang tercanteng.

Sumber: