Waw! Ini 13 Manfaat Yuzu Untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 4 Dapat Mencegah Kanker

Waw! Ini 13 Manfaat Yuzu Untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 4 Dapat Mencegah Kanker

Jeruk Yuzu-kitakini-

JEKTVNEWS.COM - Yuzu merupakan buah jeruk yang berasal dari cina. Jeruk ini populer di Korea, Jepang dan bagian negara lain termasuk Indonesia.

Berikut Ini Berbagai Manfaat Yuzu untuk Kesehatan Tubuh :

1. Mengurangi risiko asam urat

Kandungan vitamin C di dalam Yuzu dapat meningkatkan eksresi asam urat, sehingga bisa mencegah asam urat yang memicu rasa nyeri pada pengidapnya. Asam urat sendiri merupakan bentuk radang sendi yang terjadi akibat penumpukan asam urat di persendian. 

BACA JUGA:Yuk Kenali! Apa Itu Sorry Syndrome dan Cara Mengatasinya

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan Vitamin C bersama dengan nutrisi lainnya dalam yuzu juga mampu memperlambat perkembangan degenerasi makula yang terkait usia. Jika hal ini tidak dilakukan pencegahan maka kondisi ini akan menyebabkan kehilangan penglihatan.

3. Meningkatkan aliran darah

Menurut penelitian, ekstrak yuzu mungkin memiliki efek anti-pembekuan dan menghambat pengelompokan trombosit.  Dua flavonoid utama yang dimiliki yuzu yaitu hesperidin dan naringin yang terdapat di dalam daging maupun kulitnya, mampu meningkatkan aliran darah, ekstrak yuzu tersebut juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Namun hal ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

4. Mencegah penyakit kanker

Kandungan antioksidan yang dimiliki yuzu mampu menetralisir radikal bebas yang dapat memicu stres oksidatif. Kondisi inilah yang berkaitan langsung dengan banyak penyakit dan salah satunya penyakit kanker. 

Menurut penelitian di dalam jurnal Molecules, kandungan limonoid yang terdapat dalam yuzu dapat menurunkan risiko penyakit kanker payudara, kanker usus, serta kanker prostat.

Selain itu, kulit yuzu juga mengandung flavonoid nobiletin yang dapat menekan pertumbuhan tumor ganas dalam tubuh. 

5. Meredakan stres

Aroma khas dari yuzu adalah hasil dari senyawa limonene dan linalool. Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa minyak yuzu memiliki efek menenangkan dan berpotensi untuk membantu mengurangi ketegangan, kecemasan, gejala stres, depresi hingga kebingungan.

BACA JUGA:Proses Rekrutmen Bisa Bikin Stres? Simak Faktornya

6. Menjaga kesehatan otak

Kandungan flavonoid pada yuzu mampu melindungi kesehatan otak agar dapat berfungsi secara optimal. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap hewan, ekstrak yuzu juga mampu meningkatkan fungsi otak dan mengontrol gula darah.

Namun, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut manfaatnya terhadap manusia.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian yang menggunakan hewan dengan tingkat kolesterol tinggi, dengan diberi ekstrak yuzu pada hewan tersebut hasilnya mampu menurunkan berat badan dan kadar low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat pada hewan tersebut. Namun, penelitian terhadap manusia masih perlu dilakukan secara terus menerus.

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Ekstrak yuzu juga mampu meningkatkan kesehatan tulang. Dengan mengomsumsi yuzu kemungkinan akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan tulang, seperti osteoporosis.

9. Mencegah terjadinya infeksi pada tubuh

Kandungan antibakteri di dalam yuzu mampu mencegah paparan bakteri E.Coli, Salmonella, hingga S. Aureus yang menjadi pemicu berbagai penyakit di dalam tubuh.

10. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam yuzu juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. Sehingga tanda-tanda penuaan dini dapat dicegah dan kesehatan kulit pun akan menjadi lebih optimal.

11. Mencegah peradangan dalam tubuh

Kandungan limonene dan sifat anti peradangan di dalam yuzu sehingga mampu mencegah terjadinya peradangan pada tubuh yang dapat berisiko memicu penyakit kronis.

Sumber: