Jarang Diketahui, Ini 10 Makanan Sumber Kalsium

Jarang Diketahui, Ini 10 Makanan Sumber Kalsium

Beberapa makanan sumber kalsium-Siloam Hospital-

JEKTVNEWS.COM - Selama ini, kandungan kalsium di dalam susu dikenal sangat tinggi. Itulah sebabnya susu sangat direkomendasikan dikonsumsi untuk menunjang kebutuhan kalsium dalam tubuh.

Namun, Sumber kalsium ternyata tidak hanya terkandung dalam susu saja, Sumber kalsium juga dapat ditemui pada makanan lain, ini bisa menjadi alternatif untuk orang yang alergi terhadap susu atau intoleransi laktosa.

BACA JUGA:Cek Fakta : Kalori di dalam Segelas Bubble Tea

Dilansir dari halodoc, Berikut ini beberapa makanan sumber kalsium :

1. Keju

Keju merupakan salah satu makanan hasil olahan dari susu. Tentunya keju memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi keju bisa menjadi alternatif untuk orang yang alergi terhadap protein susu. 

2. Bayam

Sayuran ini ternyata Mudah salah satu makanan sumber kalsium. Bayam memiliki sekitar 200 miligram kalsium, jika jika dikonsumsi secara rutin.

3. Kacang Kedelai

Jenis kacang-kacangan ini selain sumber protein yang tinggi, ternyata kacang kedelai juga ternyata mengandung kalsium yang cukup tinggi, sekitar 261 miligram dalam setiap 1 cangkirnya.

4. Jeruk

Selain tinggi akan kandungan vitamin C-nya, jeruk ternyata termasuk makanan sumber kalsium. Kandungan kalsium yang ada di dalam satu buah jeruk adalah sekitar 65 miligram.

BACA JUGA:Ketahui Yuk! Dampak dari Efek Rumah Kaca Terhadap Pemanasan Global

5. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai sajian dalam menu diet dan bagus untuk kesehatan kulit ini juga salah satu makanan sumber kalsium.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon selain memiliki kandungan protein yang tinggi ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. kandungan kalsium yang ada pada ikan salmon adalah sekitar 181 miligram pada setiap 300 gram.

7. Sarden

ikan sarden sering kita dijumpai dijual di supermarket dalam bentuk makanan kaleng ini juga ternyata mengandung kalsium yang sangat tinggi. Bagaimana tidak, dengan mengonsumsi sarden bisa memenuhi 30 persen kalsium harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

8. Oatmeal

Menu sarapan ini, selain tinggi serat ternyata juga salah memiliki kandungan kalsium yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Kandungan kalsium yang terdapat di dalam oatmeal adalah sekitar 105 miligram pada setiap mangkuk.

9. Susu Kedelai

Bagi orang yang alergi terhadap susu sapi, susu kedelai ini biasanya menjadi alternatif nya. Susu kedelai juga masuk dalam salah satu sumber kalsium. Susu ini memiliki kandungan kalsium sekitar 300 miligram dalam setiap cangkir.

BACA JUGA:Trending! Lucas Ex- NCT Kembali Menggunakan Bubble, Penggemar Antusias

10. Biskuit

Biskuit merupakan makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan karena rasanya yang enak dan biasanya menjadi teman minum teh, kopi, susu dll. Tak disangka jika makanan ini juga termasuk sumber kalsium. Hal ini karena  biasanya biskuit diolah dengan campuran susu.

Sumber: