Molo, Kebiasaan Masyarakat Maybrat Papua Barat Daya dalam Mencari Ikan

Molo, Kebiasaan Masyarakat Maybrat Papua Barat Daya dalam Mencari Ikan

Masyarakat Molo Ikan dengan Tambak-Febriani-

JEKTVNEWS.COM - Danau Maybrat Papua yang terletak di provinsi paling timur Indonesia telah menarik wisatawan dari seluruh dunia karena populasi ikannya yang melimpah. Danau yang luasnya lebih dari 1.000 hektar ini merupakan rumah bagi berbagai jenis ikan, antara lain nila, lele, dan ikan mas.

Danau tersebut bukan hanya indah namun juga sumber kehidupan bagi masyarakat. Jika dikatakan sumber pencaharian utama masyarakat Maybrat adalah mencari ikan.

BACA JUGA:Catat! Ini Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Menariknya masyarakat mencari dengan teknik yang sangat ramah lingkungan. Mereka biasanya mencari dengan menggunakan tombak, bubu atau menyelam langsung ke dasar danau.

Masyarakat memahami betul konsep menjaga alam secara turun temurun, beberapa hal yang pantang mereka lakukan adalah mengambil ikan secara berlebihan. Menariknya hal ini sangat membantu dalam menjaga populasi ikan di air danau.

BACA JUGA:6 Tips Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

Biasanya masyarakat memanfaatkan ikan untuk dikonsumsi secara pribadi atau dijual secara umum. Menariknya masyarakat menjual hasil tangkapan mereka di Para-para. Para-para sendiri merupakan sebuah bangunan yang terbuat dari kayu dengan penutup dan kursi dari kayu sedang bagian dinding secara keseluruhan dibiarkan kosong.

BACA JUGA:Buruan Daftar! PT Indobara Bahana Membuka Lowongan Kerja, Lulusan SMA Merapat

Danau Maybrat Papua adalah contoh utama bagaimana praktik penangkapan ikan yang berkelanjutan dapat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat setempat. Dengan melestarikan ekosistem danau dan mengatur praktik penangkapan ikan, pemerintah telah menciptakan sumber pendapatan yang berkelanjutan dan menarik wisatawan ke daerah tersebut.

Sumber: