Catat! Ini Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Catat! Ini Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Daun Singkong-Sajiansedap-

JEKTVNEWS.COM – Bagi masyarakat indonesia tidak asing lagi dengan yang namanya daun singkong yang biasanya menjadi teman makan dengan nasi. daun singkong ini bisa di olah menjadi berbagai makanan seperti digulai atau hanya sekedar direbus saja juga enak.

Selain enak, daun singkong ini menjadi kegemaran masyarakat karena mudah dijumpai dan dibudidaya. Daun singkong ini mengandung Vitamin B1, B2, C dan protein yang sangat tinggi. Sayuran ini juga mengandung karotenoid dan mineral, seperti fosfor, magnesium, kalium, dan kalsium.

BACA JUGA:Kenapa Insomnia Bisa Terjadi? Cek Faktanya

Berikut beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan :

1. Mengatasi diare

Daun singkong diyakini dapat mengatasi diare karena mengandung etanol yang bersifat antidiare. Ini telat dibuktikan oleh studi dari Journal of Ayurveda and Integrative Medicine yang melalui satu penelitian terhadap hewan.

2. Baik untuk ibu hamil

Daun singkong baik untuk ibu hamil karena mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga baik untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah yang berguna mencegah anemia.

3. Mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh

Daun singkong dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin c dan folat yang cukup tinggi. Vitamin C berguna untuk membantu tubuh melawan bakteri dan virus. Sedangkan folat berguna untuk meningkatkan produksi sel dengan menghindari mutasi DNA. 

4. Mengatasi radang sendi

Mampu mengatasi radang sendi karena daun singkong mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium berguna untuk mengurangi peradangan.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Selain berguna untuk mengatasi peradangan, magnesium juga mampu mengoptimalkan kepadatan tulang dan kekuatan tulang. Sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya patah tulang.

BACA JUGA:Danau Uter Maybrat Papua: Surga Alam yang Tersembunyi

6. Mengontrol berat badan

Mengonsumsi daun singkong bisa menjadi pilihan untuk yangs sedang diet. Mengonsumsi sayuran ini mampu menurunkan nafsu makan, caranya kukus daun singkong dengan sedikit garam.

7. Mencegah infeksi bakteri

Selain dapat mengontrol berta badan, mengonsumsi daun singkong yang telah dikukus juga dapat menurunkan risiko infeksi bakteri serta mencegah perkembangan bakteri pada pencernaan.

8. Mengoptimalkan energi

Daun singkong mampu membantu untuk meningkatkan energi dalam tubuh karena mengandung protein dan asam amino sehingga aktivitas dapat berjalan secara optimal.

9. Mengoptimalkan sirkulasi darah

Antioksidan yabg terkandung dalam daun singkong mampu mengoptimalkan sirkulasi darah. Jika ingin fungsi tubuh berjalan dengan baik maka sirkulasi darah harus lancar dengan oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh secara optimal.

10. Mencegah radikal bebas

Manfaat lain dari antioksidan yang terdapat dalam daun singkong berguna untuk mencegah paparan radikal bebas. Radikal bebas sendiri mampu memicu kerusakan pada sel maupun jaringan tubuh yang dapat memicu peradangan.

BACA JUGA:6 Tips Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

11. Melancarkan pencernaan

Seratbyang terkadung pada daun singkong mampu melancarkan pencernaan. Karena pencernaan yang berfungsi optimal dapat menghindari berbagai gangguan penyakit pada pencernaan.

12. Membantu proses penyembuhan luka ringan

Daun singkong juga mampu mengobati luka ringan seperti tersayat atau terjatuh. Caranya dengan menghaluskan daun singkong hingga berbentuk pasta. Kemudian, balurkan pada luka. Akan tetapi, hindari penggunaan ini untuk luka besar dan luka yang cukup parah.

13. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan flavonoid pada daun singkong mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini telah dibuktikan oleh jurnal dan Teknologi peternakan Tropis.

Setelah mengetahui berbagai manfaat daun singkong diatas, pastikan juga bahwa anda mengolah daun singkong ini secara tepat.

Sumber: