Ketahui Yuk! Ketentuan Baru Nadiem Makarim, Apa itu Marketplace Guru?

Ketahui Yuk! Ketentuan Baru Nadiem Makarim, Apa itu Marketplace Guru?

Nadiem Makarime-republika-

JEKTVNEWS.COM - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim kembali mengeluarkan kebijakana, kali ini diperuntukkan untuk seluruh guru di Indonesia.

Kemendikbud Nadiem Makarim, mengalurkan keputusan atau kebijakan sistem yaitu Marketplace Guru untuk memenuhi formasi dan pendistribusian guru di Indonesia.

BACA JUGA:Marketplace Guru: Ide Nadiem Makarim Untuk Menangani Guru Honorer Tuai Pro dan Kontra

Selain adanya Marketplace Guru, Ndiem juga menawarkan kemudahan terkait perekrutan sekolah dan lokasi penenmapatan yang sepi peminat.

Artinya sekolah yang memiliki kekurangan tenaga kerja atau guru dapat merekrut guru dengan mudah melalaui Marketplace Guru.

Marketplace Guru adalah konsep ruang talenta, dimana bagi semua guru yang memenuhi kriteria untuk mengajar akan dimasukkan kedalam satu database atau dikumpulkan pada ruang penyimpananan.

Nantinya pangkalan data akan memberikan kemudahan akses untuk seluruh sekolah di Indonesia terkait informasi guru yang tercantum dalam Marketplace Guru. Hal ini memberikan perubahan dalam perekruttan guru yang biasanya terpusat kini pengangkatan bisa terjadi kapan saja selayaknya berbelanja di Marketplace.

BACA JUGA:Simak Syarat Dan Ketentuan Marketplace Guru bagi Para Calon Guru

Hal ini juga memudahkan bagi para sekolah – sekolah di Indonesia untuk merekrut guru kapan saja sesuai formasi dan kebutuhan yang diinginkan dan ada.

Tentu formasi sendiri tetap akan dikontrol oleh pemerintah pusat, karena kebijakan ini sendiri bersifat dinamais dimana setiap tahunnya parameter formasi Marketplace guru adalah tergantung banyaknya jumlah siswa di setiap tahun.

Dan adanya hal ini untuk memastikan sekolah – sekolah yang ada di Indonesia memiliki atau merekrut guru yang berkompetensi. Nadiem Makarim juga memaprkan Anggaran gaji dan tunjangan guru ASN yang saat ini dikelola pemerintah daerah akan dialihkan ke sekolah.

Dengan adanya Marketplace guru ini, para calon guru juga akan lebih mudah mendaftar dimana saja, fleksibel dan memilih lokasi mengajar tanpa harus menunggu proses perekrutan yang lama seperti dahulu.

BACA JUGA:Buruan Daftar! PT Indobara Bahana Membuka Lowongan Kerja, Lulusan SMA Merapat

Pemerintah tentu tak abai pada slot guru di sekolah yang sepi peminat, penempatan guru atau calon guru yang bersedia di tempatkan di lokasi sepi peminat akan mendaptakan pemberian beasiswa dengan ikatan dinas yaitu berupa tiga tahun waktu kerja, adanya tambahan intensif dan beasiswa dengan ikatan dinas.

Sumber: