Kenali Manfaat Asam Folat yang Sangat Dibutuhkan Oleh Ibu Hamil

Kenali Manfaat Asam Folat yang Sangat Dibutuhkan Oleh Ibu Hamil

Ilustrasi Asam folat-AKG-

JEKTVNEWS.COM - Selama mengalami masa kehamilan tentunya ibu perlu memerhatikan kebutuhan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan baik. Selain tetap menjaga Kesehatan dan stamina tubuh tentunya ibu harus mengonsumsi makanan yang mendukung selama masa kehamilan. Salah satu kandungan makanan yang sangat berperan penting selama masa kehamilan yaitu asam folat

1. Berperan dalam pembentukan eritrosit dan sel somatis

Peran pertama yang ibu dapat ketahui dari asam amino adalah ia berperan dan pembetukan sel darah merah (eritrosit) serta pembentukan sel-sel pada jaringan tubuh. Sehingga apabila kebutuhan asam folat terpenuhi ibu dapat mencegah terjadinya kekurangan darah (anemia).

BACA JUGA:Kunang-Kunang: Serangga Mempesona Yang Menjelma di Kala Malam Tiba

2. Dapat menjaga daya tahan tubuh

Selama mengalami masa kehamilan tentunya ibu akan merasakan perubahan pada kondisi tubuhnya. Tak jarang selama masa kehamilan ibu merasa mudah lelah, sehingga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Asam folat termasuk dalam jenis vitamin, yaitu vitamin B kompleks yang juga dikenal sebagai vitamin B9.

Asam folat dan vitamin C memiliki sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh karena memiliki peran dalam metabolisme pembentukan sel darah putih serta sel darah merah.

BACA JUGA:Bahaya Malaria! Kenali Gejala Penyakit Malaria dan Cara Pencegahannya

3. Berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi

Dikarenakan asam folat berperan dalam pembentukan sel somatis, tentunya hal ini juga mempengaruhi pembentukan organ bayi. Asam folat juga berperan dalam penyusunan DNA, membantu diferensiasi organ dan jaringan tubuh hingga membantu terbentuknya sel-sel otak. Untuk menghindari kemungkinan adanya kelainan pada bayi kebutuhan akan asam folat perlu diperhatikan.

Sumber: