Presiden Jokowi Bahas Investasi dengan Presiden Korea Selatan, Hingga Soal IKN

Presiden Jokowi Bahas Investasi dengan Presiden Korea Selatan, Hingga Soal IKN

Presiden Jokowi dan Presiden Korea Selatan oon Suk Yeol-BPMI Setpres-

JEPANG, JEKTVNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol, di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Minggu (21/5).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara membahas mengenai kerja sama di sejumlah bidang antara Indonesia dan Korea Selatan.

BACA JUGA:Netizen Kritik Keras, Logo Piala Dunia 2026

Presiden Jokowi menekankan kerja sama perdagangan antara kedua negara melalui IK-CEPA yang dinilai harus dilaksanakan secara maksimal, termasuk di dalamnya dukungan atas 18 proposal proyek yang telah diajukan oleh Indonesia.

“IK-CEPA harus diimplementasikan maksimal, termasuk dukungan 18 proposal Indonesia di bidang pertanian, kesehatan, kebudayaan, perikanan, otomotif, dan IT,” ujar Presiden Jokowi, dikutip dari presidenri, Minggu (21/5).

BACA JUGA:Presiden Jokowi Temui Presiden Zelenskyy, Ini Pembahasannya

Selain itu, di bidang kerja sama investasi, Presiden Jokowi meminta dukungan Presiden Yoon terhadap realisasi komitmen investasi sejumlah perusahaan Korea Selatan di Indonesia.

“Mohon dukungan Presiden Yoon terkait realisasi komitmen Lotte Chemical dan CJ Group untuk pembangunan pabrik industri kimia di Banten dan pabrik bioproduct di Jawa Timur, dukungan distribusi energi dan EBT melalui perusahaan LS Cable dan TSE, dan realisasi investasi ekosistem EV,” kata Presiden.

BACA JUGA:Satu KKB Ditetapkan Sebagai Tersangka, Pasca Penembakan Anggota Brimob

Sementara itu, mengenai pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia telah menyiapkan insentif dan fasilitas investasi bagi para investor.

“Semoga pengolahan air, Sepaku Semoi Water Treatment Plant, selesai sesuai jadwal,” tuturnya.

Sumber: