SEA Games Pertama Kali Ternyata di Thailand, Cek Faktanya!

SEA Games Pertama Kali Ternyata di Thailand, Cek Faktanya!

SEA Games-Bolanet-

JEKTVNEWS.COM - SEA Games, atau Southeast Asian Games, adalah ajang olahraga multi-negara yang diadakan setiap dua tahun sekali. Pertama kali diinisiasi pada tahun 1959, SEA Games telah menjadi salah satu perayaan olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Sejarah SEA Games dimulai ketika empat negara, yaitu Thailand, Filipina, Malaysia, dan Singapura, sepakat untuk menggelar pertemuan olahraga bersama pada tahun 1958. Tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk mempererat persahabatan antara negara-negara tersebut melalui kompetisi olahraga.

BACA JUGA:Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Jadi Narasumber Refleksi 25 Tahun Reformasi

Pada tanggal 22 Desember 1959, SEA Games pertama kali diadakan di Bangkok, Thailand. Acara ini diikuti oleh 6 negara, yaitu Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Laos, dengan total 527 atlet yang berkompetisi dalam 12 cabang olahraga. Dalam SEA Games pertama ini, Thailand berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 48 medali emas.

Sejak itu, SEA Games diadakan secara berkala setiap dua tahun sekali, kecuali pada tahun 1970 ketika penyelenggaraannya ditunda karena masalah keuangan dan politik.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Sebut Jalan Tol di Jambi Selesai Tahun 2024

Dalam perkembangannya, jumlah negara peserta SEA Games juga bertambah, mencakup sejumlah 11 negara saat ini, yaitu Brunei, Kamboja, Filipina, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

BACA JUGA:Pemerintah Kota Jambi Tunda Selama 6 Bulan Kenaikan Tarif PDAM Tirta Mayang

Selain itu, jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games juga terus berkembang. Mulai dari cabang olahraga tradisional seperti sepak bola, atletik, dan renang, hingga cabang olahraga modern seperti esports dan pencak silat.

SEA Games juga telah menjadi ajang penting bagi atlet-atlet muda di kawasan Asia Tenggara untuk berkompetisi dan menunjukkan bakat mereka. Banyak atlet SEA Games yang kemudian meraih prestasi di tingkat internasional, bahkan di Olimpiade.

BACA JUGA:6 Tips Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat

Sebagai ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games tidak hanya menjadi sarana persaingan atletik, tetapi juga menjadi wadah untuk mempererat persahabatan dan kerjasama antara negara-negara di kawasan tersebut.

Melalui kompetisi yang sehat dan semangat sportivitas, SEA Games terus menjadi perayaan keberagaman, persatuan, dan prestasi di Asia Tenggara.

Sumber: