Dibalik Rasa Pahit! Ada Manfaat Besar dari Daun Pepaya, Salah Satunya untuk Pereda Nyeri Haid

Dibalik Rasa Pahit! Ada Manfaat Besar dari Daun Pepaya, Salah Satunya untuk Pereda Nyeri Haid

Daun Pepaya dan Buah Pepaya-Halodoc-

JEKTVNEWS.COMPepaya merupakan tanaman umum yang sering kita jumpai di sekitar rumah dan buahnya sangat digemari oleh banyak orang, selain rasanya yang manis juga memiliki beberapa kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, akan tetapi daun pepaya juga tidak kalah penting memiliki banyak manfaat.

Walaupun memiliki rasa yang pahit daun pepaya sering diolah dalam makanan tradisional seperti, lontong, pecel, gado-gado dan juga sayuran lalap menemani makan nasi dengan diolah secara direbus atau ditumis.

BACA JUGA:WOW!! Prakiraan Cuaca di Jambi Tanggal 10 Mei Semua Wilayah Bakalan Hujan Nanti Malam

Kandungan gizi yang terdapat pada daun pepaya begitu melimpah dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Mengutip dari peneltian Journal of Food Science kandungan pepaya didalamnya diantaranya memiliki, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, Kalori, kalsium, zat papain, protein, karbohidrat, magnesium, kalium, natrium  dan carposide. 

Rasa pahit yang ditimbulkan dari daun pepaya karena mengandung zat papain yang cukup tinggi dan zat ini berguna untuk meningkatkan nafsu makan sehingga seringkali dijadikan sayur lalap atau pelengkap makanan. Kandungan carposide pada daun pepaya berguna juga sebagai obat cacing.

BACA JUGA:Begini Cara Menjadikan Jahe Obat Herbal Pereda Batuk dan Sakit Tenggorokan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa senyawa fitonutrien pada daun pepaya dapat meningkatkan kekebalan yang kuat dalam tubuh dan juga berdampak sebagai antioksidan.

Sedangkan, manfaat lain dari daun pepaya juga bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti, meredakan peradangan, menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh, mengobati gejala DBD, mendukung fungsi pencernaan, meneurunkan resiko diabetes, mengatasi kembung, Pereda nyeri haid pada wanita, membuat kulit lebih sehat, menyuburkan rambut dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Sumber: