Tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan Resmi Beroperasi Saat Lebaran Idul Fitri, Cek Infonya

Tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan Resmi Beroperasi Saat Lebaran Idul Fitri, Cek Infonya

Tinjau Pembanguna Tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan-Departemen Perhubungan-

Jektvnews - Selama mudik lebaran 2023 ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa, Tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan, akan beroperasi fungsional pada masa mudik Lebaran dari siang hingIBga sore jam 15.00 W.

“Tol ini juga akan mempermudah akses masyarakat dari Bandung dan sekitarnya menuju Bandara Kertajati atau sebaliknya dengan waktu tempuh perjalanan sekitar satu jam,” katanya.

BACA JUGA:Konflik Palestina dan Israel, Amerika Serikat Tegaskan Dukungannya Terhadap Negara Sekutunya

Turut hadir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dirinya mengungkapkan bahwa, beroperasinya tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan ini secara fungsional dikarenakan mempertimbangkan aspek keselamatan para pemudik.

“Hanya dioperasikan dari siang hingga sore hari pukul 15.00 WIB, sesuai izin Menteri Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR),” jelasnya.

BACA JUGA:Mantap!! Mendekati Idul Fitri 2023 Harga BBM Kembali Turun

Ditambahkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bahwa, ditargetkan  seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023.

“Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas operasional di Cisumdawu, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," ujarnya.

Ditempat yang sama, Kakorlantas Polri Firman Santyabudi mengungkapkan , jalur tol Cisumdawu yang baru saja selesai dibangun untuk seksi 4, 5, dan 6 pada 15 April 2023 mendatang ini kondisinya masih tidak memungkinkan jika dioperasionalkan secara penuh pada masa mudik lebaran tahun ini.

BACA JUGA:Suntik Medis Tidak Membatalkan Puasa, Ini Penjelasan UAS

“Jalur tol tersebut masih diselimuti oleh kabut, sehingga bagi para pengemudi terutama saat malam hari. Mengingat diperkirakan akan terjadi lonjakan di jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang cukup deras,” ungkapnya.

Dilanjutkan kembali oleh Menteri PUPR  Basuki, mengenai pengaturan lalu lintas nantinya akan diserahkan kepada Korlantas Polri.

BACA JUGA:Kondisi Psikologis : Father Hunger, Penyebab dan cara Mengatasinya

“Pengaturan lalu lintas pada jalur tol Cisumdawu tersebut sepenuhnya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi lapangan. Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya,” tuturnya.

Sumber: