Peran Penting Pondok Pesantren dalam Menangkal Pemahaman Radikal

Peran Penting Pondok Pesantren dalam Menangkal Pemahaman Radikal

Jektvnews.com - Ketua Ponpes Tahfiz Quran Muhammad Rosulullah Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun, Ustadz Afrizal Hamdan, mengatakan bahwa Pondok Pesantren memiliki peran penting dalam menangkal radikalisme di tengah maraknya penyebaran paham radikal.

"Radikalisme mempunyai dampak buruk dan dapat merusak tatanan masyarakat. Maka di sini, kehadiran pondok pesantren sangat penting, saat NKRI sedang dilanda krisis moral dan maraknya berita hoax,"ujarnya.

Para pengurus dan tenaga pengajar juga terus mengadakan kegiatan rapat atau pertemuan, selain membahas management Ponpes Modern juga berkesempatan memberikan pemahaman kepada para santri - santri bahwa mengapa selama ini Islam selalu dikaitkan dengan paham radikalme.

Melalui kegiatan pertemuan ini pula ia berupaya meluruskan yang radikalisme itu bukan Islamnya, akan tetapi penyimpangan perilaku yang mengatasnamakan Islam.

Dijelaskan, bahwa titik beratnya adalah pencegahan dan menangkal paham radikalisme yang menyusup melalui Ponpes. Melalui pemahaman ini nantinya diharapkan para santri mempunyai daya tangkal tersendiri, sehingga tidak mudah terpengaruh atau terprovokasi hal yang tidak benar.

Ustadz Afrizal Hamdan, menegaskan paham radikal dan intoleran tidak akan dapat berkembang diwilayah Kabupaten Sarolangun terutama di Ponpes yang dipimpinnya. Lantaran, paham yang dibawanya bertentangan dengan ajaran Islam.

Sumber: