Breaking News : Masyarakat Kerinci Dilarang Beraktivitas, Gunung Kerinci Kembali Erupsi Disertai Gempa Tremor

Breaking News : Masyarakat Kerinci Dilarang Beraktivitas, Gunung Kerinci Kembali Erupsi Disertai Gempa Tremor

jektvnews.com - Aktivitas Gunung Kerinci Kembali terjadi kembali, pasalnya Gunung Kerinci kembali mengalami erupsi, pada hari Jumat (3/2).

Selain erupsi Gunung Kerinci juga disertai dengan aktivitas gempa tremor secara terus menerus dengan amplitudo 0.5 s.d 8 mm. Sedangkan tinggi kolom abu saat ini belum bisa untuk teramati.

Baca Juga : bandara internasional di indonesia akan dikurangi jadi 15 bandara menteri bumn erick thohir berikan penjelasannya

Hal ini dibenarkan oleh, Irwan yang merupakan penjaga Pos Pengamatan Gunungapi Kerinci yang menjelaskan bahwa, telah terjadi erupsi Gunung Kerinci, Jambi pada tanggal 03 Februari 2023 pukul 02:30 WIB namun tinggi kolom abu tidak teramati.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 8 mm dan durasi ± 4 menit. Seismik terekam gempa tremor menerus dengan amplitudo 0.5 s.d 8 mm, " kata Irwan dalam rilisnya, Jumat (3/2).

Dirinya mengatakan bahwa, saat ini Gunung Kerinci berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi Masyarakat disekitar gunungapi kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada dipuncak gunungapi kerinci didalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktifitas didalam radius bahaya/KRB III).

Dirinya juga menambahkan agar, sebaiknya jalur penerbangan disekitar gunungapi kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

Baca Juga : studi terbaru manfaat makan telur bagi kesehatan tubuh dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular

Sebelumnya, telah terjadi gempa di sekitar wilayah Sungai Penuh dengan kekuatan 3.0 Skala Richter. Namun gempa yang terjadi adalah gempa tektonik.

Kepala BMKG Kerinci Kurnianingsih, mengatakan bahwa, adanya gempa di Sungaipenuh berada di Lokasi gpa pada 2.02 Lintang Selatan, 101.43 Barat Timur sekitar (5 km Timur Laut  Sungaipenuh pada kedalaman:37 Km.

"Gempa yang terjadi pada tgl 3 februari 2023 pukul 12.09.38 wib dengan  kekuatan 3,0 SR adalah gempa tektonik. Gempa ini memang terjadi  di sungai penuh. Gempa bumi tektonik dan erupsi gunung seringkali terjadi secara acak dan tiba-tiba," tandasnya

Sumber: