Peningkatan Daya Saing Produk Selai Nanas Goreng Khas Jambi melalui Strategi Pengemasan dan Strategi Harga di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten

Peningkatan Daya Saing Produk Selai Nanas Goreng Khas Jambi melalui Strategi Pengemasan dan Strategi Harga di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten

Peningkatan Daya Saing Produk Selai Nanas Goreng Khas Jambi melalui Strategi Pengemasan dan Strategi Harga di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.

jektvnews.com - MuaroJambi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Senin Pagi (08/08/2022) Melaksanakan kegiatan pembinaan Masyarakat di kawasan Tangkit Baru, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi menjadi kegiatan yang rutin dilakukan.

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Universitas Jambi sebagai Perguruan tinggi tidak hanya melaksanakan pendidikan bagi mahasiswanya, tetapi juga melaksanakan riset dan mengembangkan inovasi, serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat. 

Dengan Mengusung tema "Peningkatan Daya Saing Produk Selai Nanas Goreng Khas Jambi melalui Strategi Pengemasan dan Strategi Harga di Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi". Kegiatan ini diselenggarakan di tempat kegiatan usaha UMKM Ibu Hajrawati, Malakue, Jl. Syekh Muh Said I RT. 004 RW. 002, Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.

Dengan beranggotakan tim Dr. Tona Aurora Lubis, S.E., M.M, Dr. Asep Machpuddin, S.E., M.M, Drs. H. Firmansyah, M.E, Novita Ekasari, S.E., M.MAde Perdana Siregar, S.E., M.M, kegiatan edukasi terkait Bidang manajemen pemasaran yang meliputi desain kemasan dan merek agar produk memiliki nilai lebih untuk daya saing,  hingga tutorial dan diskusi terkait Bidang manajemen keuangan yang meliputi pencatatan transaksi keuangan untuk penyusunan laporan keuangan dan metode perhitungan harga pokok produksi untuk menetapkan harga jual disampaikan kepada UMKM Malakue.

suasana diskusi tim FEB Universitas Jambi dan UMKM

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai Upaya meningkatkan daya saing produk khas Jambi yaitu selai nanas goreng Aspek yang menjadi sasaran dalam kegiatan yaitu:

  1. Aspek manajemen pemasaran, sebagai upaya dalam meningkatkan pemenuhan kebutuhan pasar dan memperluas jaringan pemasaran maka solusi dari aspek manajemen pemasaran untuk mengatasi pemasalahan mitra, sebagai berikut :

    a. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan pada mitra terhadap kemasaan produk dengan yang lebih menarik dan menggunakan kemasan yang terlihat higienis

    b. Meningkatkan keterampilan mitra dalam desain kemasan dan merek pada produk agar produk memiliki nilai lebih untuk daya saing
  1. Aspek keuangan, sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan mitra maka solusi dari aspek manajemen keuangan untuk mengatasi permasalahan prioritas mitra, sebagai berikut:

    a. Meningkatkan kemampuan mitra untuk pemahaman akuntasi dalam membuat laporan keuangan sesuai transaksi operasional usaha yang dilakukan oleh mitra

    b.Meningkatkan kemampuan mitra dalam perhitungan harga pokok produksi dan perhitungan harga jual produk

Kegiatan ini ditutup dengan sesi diskusi, tampak nuansa keakraban memberikan kesan dan keseriusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi mengayomi masyarakat dalam tugasnya pengabdian masyarakat. (feb/unja)

Sumber: