Kemenag Sebut 394 Calon Jamaah Haji Berangkat Menuju Tanah Suci Mekah 5 Juni

Kemenag Sebut 394 Calon Jamaah Haji Berangkat Menuju Tanah Suci Mekah 5 Juni

Calon Jemaah Haji-Jektvnews-

TANJAB BARAT, JEKTVNEWS.COM - Moment pelaksanaan ibadah haji mulai dekat atau telah selesai melengkapi dokumen yang diperlukan. Setidaknya di Kabupaten TANJAB BARAT sendiri terdapat 394 calon jamaah haji yang akan berangkat menuju tanah suci Mekkah, bahkan rata-rata CJH yang berangkat merupakan CJH yang mendaftarkan diri sejak tahun 2012 lalu.

Berangkat ke tanah suci Mekkah merupakan dambaan bagi umat muslim di Indonesia, begitu pula umat muslim yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat , sebab setiap tahunnya ditemukan masyarakat yang berangkat ibadah haji memenuhi panggilan. Bahkan rela menunggu porsi keberangkatan haji hingga belasan tahun.

Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sendiri, setidaknya terdapat 394 calon jamaah haji yang akan berangkat pada tahun ini. Dalam kesempatan Staff Haji Dan Umroh Kemenag Tanjab Barat Sareng mengatakan, sebelumnya dari data terdapat 397 calon jamaah haji yang dipastikan berangkat, namun seiring berjalan waktu saat ini justru berkurang, sebab terdapat calon jamaah haji atau CJH yang meninggal atau mengundurkan diri. 

BACA JUGA:Pj Bupati Bahyuni Buka Kejuaraan Marching Band Piala Bupati Cup

Untuk yang meninggal ada sebanyak dua orang dan mengundurkan diri satu orang, sehingga dari data terakhir maka dipastikan 394 calon jamaah haji yang dipastikan akan berangkat menuju tanah suci Mekkah. Bahkan 394 calon jamaah haji tersebut telah melunasi dan melengkapi berkas haji, mereka hanya tinggal menunggu keberangkatan saja, dan dijadwalkan pelepasan calon jamaah haji pada tanggal 5 Juni mendatang. 

Dan nanti terbagi dua kloter yakni kloter 25 dan 27, kloter 25 sebanyak 97 jamaah, dan kloter 27 sebanyak 297 jamaah.

BACA JUGA:Pengurus SMSI Provinsi Jambi Bertemu Rektor UNJA

“Jadi begini untuk kloter 25 dan 27 itu khusus Tanjung Barat, jadi pelepasan itu nanti akan dilaksanakan pada hari Rabu 5 Juni 2024 di Rumah Dinas Bupati Tanjung Barat. Kemudian pemberangkatannya untuk kloter 25 itu hari Rabu 5 Juni tengah malam. Kemudian untuk kloter 27 itu hari Jumat 7 Juni 2024 tengah malam juga,” ungkap H.Sareng, Staff Haji dan Umroh Kemenag Tanjab Barat, Selasa (21/5).

“Jumlah kloter 25 ada sekitar 97 jemaah dan untuk yang kloter 27 itu ada sekitar 297 jamaah. Jadi kloter 27 asalnya itu 300 jemaah menjadi 297 jemaah karena ada 2 orang yang meninggal dan 1 orang yang mengundurkan diri. Kalau persiapan Insya Allah sudah tinggal nunggu keberangkatan,” tambahnya.

BACA JUGA:Kemeriahan HUT Kota Jambi ke-78, Pemkot Gelar Berbagai Perlombaan

Lebih lanjut Sareng menambahkan, dari 394 calon jamaah haji Tanjab Barat akan diberangkatkan pada 5 Juni mendatang, setidaknya terdapat calon jamaah haji tertua dan termuda, CJH tertua berusia 94 tahun atas Muhammad Ali Bakri warga Parit 3 RT 02 Desa Tanjung Senjulang Kecamatan Bram Itam Kiri, dan yang termuda berusia 25 tahun atas nama Wahyudi Imran Rusadi, Jalan Lamtoro RT 21 Teluk Nilau Kecamatan Pengabuan.

Sumber: