Harga Bawang Merah Mahal, Tembus Rp50 Ribu Per Kilogram

Harga Bawang Merah Mahal, Tembus Rp50 Ribu Per Kilogram

Bawang Merah Baru Dipanen-YST-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Harga komoditas bawang merah di Kota JAMBI masih relatif tinggi. Saat ini, harga bawang merah tembus dikisaran angka 45 ribu hingga 50 ribu rupiah per kilogramnya.

Sejak dua bulan terkahir, harga komoditas bahan pokok jenis bawang merah dan bawang putih di pasar tradisional di Kota Jambi mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

BACA JUGA:Potensi Peternakan di Desa Sungai Baung Batanghari

Seperti hal nya yang terpantau di Pasar Tradisional Angso Duo Jambi ini. Saat ini, harga bawang merah di Pasar Tradisional Angso Duo dibanderol dengan harga 45 ribu hingga 50 ribu rupiah perkilogramnya.

Sedangkan harga bawang putih dijual pedagang dengan harga 35 ribu hingga 38 ribu rupiah per kilogramnya. Meski mahal, namun harga bawang saat ini relatif turun dari beberapa hari sebelumnya. Dimana harga bawang merah sendiri sempat tembus 60 ribu rupiah per kilogram, sementara bawang putih tembus 40 ribu rupiah per kilogram. Mahalnya harga bawang ini membuat pembeli semakin sepi, sehingga omset pedagang pun turun drastis.

BACA JUGA:Petani Padi Sebut Hama Tikus Menjadi Kendala Ketika Menanam Padi Disawah

Menurut pedagang, tinggi nya harga bawang ini disebabkan oleh stok nya yang terbatas. Persediaan bawang di pasar tradisional semakin sedikit akibat berkurang nya pasokan dari pulau Jawa, imbas dari faktor cuaca yang buruk.

Pedagang mengaku pasrah dengan kondisi harga bawang yang masih relatif tinggi tersebut. Pedagang berharap, pemerintah bisa melakukan trobosan dan memberikan solusi agar harga bawang merah dan bawang putih di pasar tradisional dapat kembali stabil.

 

Sumber: