Bupati Fadhil Halal Bil Halal Bersama Lembaga Adat Sekabupaten Batanghari

Bupati Fadhil Halal Bil Halal Bersama Lembaga Adat Sekabupaten Batanghari

Bupati Fadhil -Jektvnews-

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COM - Bupati BATANGHARI Muhammad Fadhil Arif. Senin siang mengadakan halal bil halal bersama tokoh adat sekabupaten BATANGHARI. Halal bil halal yang dilaksanakan di Serambi Rumah Dinas Bupati BATANGHARI. penuh dengan khidmat. Bupati menekankan agar budaya adat BATANGHARI tidak luntur hingga sampai pada regenerasi kedepan.

Budaya adat dan istiadat, yang lahir sebelum adanya kemerdekaan, semakin memudar karena banyak tidak dipahami oleh regenerasi kedepan. Menjadikan Bupati Fadhil semangat untuk terus menjadikan adat dan istiadat di Batanghari di bangkitkan kembali.

BACA JUGA:Ekspor Provinsi Jambi Alami Kenaikan

Pendidikan betuam, yang diajarkan pada siswa , akan menjadikan regenerasi di Batanghari mulai mengenal istilah keragaman adat dan istiadat di Batanghari. Sejauh ini orang hanya mengenal istilah adat disaat akan melangsungkan pernikahan saja, sementara adat yang menjadikan budaya sejak zaman sebelum kemerdekaan Republik Indonesia.

Untuk itu Bupati Fadhil meminta, agar pengurus adat dari tingkatan kabupaten hingga RT, dapat membudayakan adat di wilayah masing-masing.

BACA JUGA:PJ Bupati Bachyuni Hadiri Acara Launching Inovatif Pelayanan Disdukcapil Muaro Jambi

“Bapak ibu semua dengan keluasan otonomi daerah kita coba masukkan muatan lokal adat ini supaya anak cucu kita ingat dengan adat. Walau dokumennya belum lengkap kita sedang berusaha untuk melengkapi sehingga adat yang kita saksikan hari ini, masih berlangsung ke ke anak cucu kita,” ujarnya, Senin (6/5).

“Tugas kita berat tantangannya banyak, tantangan yang ada di depan kita yaitu membuat salah satu adat melekatkan kepada anak-anak generasi saat ini, kita harus memikirkan bagaimana rumah adat itu menjadi sesuatu yang menarik bagi anak muda untuk didatangi sehingga kita akan mengkoneksikan ke selera mereka dengan adat. Dan untuk itu tetap kita pertahankan,” lanjutnya.

BACA JUGA:Cabai Merah Naik, Bawang Bertahan Rp 60.000/Kg

Selain itu Fatahudin Abdi Ketua Lembaga Adat Kabupaten Batanghari menjelaskan, setiap pengurus Lembaga Adat, Harun menjadikan diri sebagai panutan warga, sehingga terus dijaga tingkah laku dan perbuatan. Selain itu budaya adat Batanghari dengan tulisan Arab Melayu, jadikan kebiasaan regenerasi Batanghari untuk mengenal Batanghari. Selain itu adat merupakan bagian dari sifat dan perilaku untuk meninggikan akhlak.

Sumber: