Tradisi Makan Senampan Khas Melayu Jambi

Tradisi Makan Senampan Khas Melayu Jambi

Tradisi local masyarakat melayu Jambi "Makan Besamo"-Jektvnews-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Meski di era modernisasi saat ini, tradisi ya tetap tradisi. Seperti tradisi makan senampan yang merupakan tradisi lokal masyarakat melayu JAMBI, yang bertujuan untuk masyarakat maupun penduduk dapat mempererat tali ikatan sosial secara personal dan kelompok.

BACA JUGA:Lanjutan Kasus Penganiayaan di Kawasan Kantor Gubernur Jambi, Polisi Ungkap Berkas Telah Tahap 1

Tradisi makan senampan merupakan tradisi lokal pada masyarakat melayu di Jambi. Hal masih identik dengan nuansa Islamnya, karena adanya tradisi turun temurun orang melayu dahulu yang melakukan sebuah tradisi yang kental dengan nuansa Islam.

Seperti yang dikatakan Datuk Bachtiar Zenti selaku pemangku Wakil Ketua LAM Kota Jambi, dengan melakukan kegiatan ini, penduduk dapat mempererat tali ikatan sosial secara personal dan kelompok. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan di berbagai acara seperti pernikaahan, kendurian, sunatan, dan ritual lainnya. Tradisi ini dilaksanakan untuk menandai kegiatan maupun acara adat yang biasanya telah tersedia makanan tradisional ciri khas setempat.

BACA JUGA:Gubernur Jambi Al Haris Dianugerahi Gelar Depati Payung

Selain itu, dalam tradisi “makan besamo” memiliki ragam nilai-nilai karakter yaitu karakter keagamaan dan nilai karakter bergotong royong. Pada pelaksanaan tradisi makan besamo nilai nilai karakter yang diterapkan mengandung nilai Pancasila yang tertuang pada sila ke-1 Ketuhanan yang Maha Esa, sila ke-3 Persatuan Indonesia, sila ke-5 Keadilan yang adil dan beradab.

 

Sumber: