Gubernur Jambi Al Haris Dianugerahi Gelar Depati Payung

Gubernur Jambi Al Haris Dianugerahi Gelar Depati Payung

Gubernur Jambi Al Haris Hadiri Kenduri Adat Kenduri Sko-Jektvnews-

MERANGIN, JEKTVNEWS.COM - Hadiri Kenduri Adat Kenduri Sko, Gubernur Jambi Al Haris dianugerahi gelar Depati Payung oleh masyarakat Dusun Tigo Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat, Kabupaten MERANGIN, pada Jumat malam.

Gubernur Jambi Al Haris dianugerahi gelar Depati Payung oleh masyarakat adat Dusun Tigo wilayah adat Depati Karti Mudo Menggalo Renah Alai, Rantau Kermas dan Lubuk Mentilin.

BACA JUGA:Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2024 Tetap Stabil di Sekitar 5 Persen

Gelar adat ini dianugerahi masyarakat Dusun Tigo pada acara puncak Kenduri Adat Kenduri Sko Dusun Tigo yang berlangsung di Rumah Gedang, Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jumat (03/05/2024).

Gelar adat ini diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada Al Haris selaku bagian dari warga Dusun Tigo dan kini menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Gubernur Al Haris sangat mengapresiasi adat budaya Serampas, khususnya wilayah Dusun Tigo yang tetap lestari dan diperingati setiap tahunnya dengan tajuk Kenduri Adat Kenduri Sko.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-23 Bersiap Hadapi Tantangan Berat Lawan Guinea dalam Play Off Olimpiade 2024 Paris

“Dengan tradisi adat, Kenduri Seko ini supaya menyatukan negeri kita ini. Ada sejarah adat di negeri Jambi, bahwa dulu sejarah mengatakan negeri ini dulu bersatu. Kemudian juga kalau Depati Gung Putih meliputi 5 besar khususnya di desa. Oleh karena itu, budaya ini terus terlestarikan. Mudah-mudahan nanti akan menjadi warisan bagi anak-anak kita. Kalau tidak kita buat, lama-lama adat budaya nya akan tinggal,” ujar Gubernur Jambi, Jumat (3/5).

Pada moment ini, Gubernur Al Haris didampingi Istri Hesnidar Haris, para pejabat eselon II Pemprov Jambi dan Sekda Merangin. 

 

Sumber: