Pasca Banjir Ribuan Warga Muaro Jambi Terserang Berbagai Penyakit

Pasca Banjir Ribuan Warga Muaro Jambi Terserang Berbagai Penyakit

Afifudin - Kepala Dinas Kesehatan-Jektvnews-

MUARO JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Pasca terjadinya bencana banjir yang merendam selama tiga bulan lebih di wilayah Kabupaten MUARO JAMBI ,  ribuan warga kini mulai terserang berbagai macam penyakit.

Dampak dari  bencana banjir , mulai dari penyakit kulit , seoerti gatal - gatal , demam , hingga sesak nafas.Ribuan warga Muaro Jambi , saat ini mulai terserang berbagai macam jenis penyakit , paska terjadinya banjir selama tiga bulan lebih di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Ketua Komisi IV Fadli Sudria Minta Pemprov Awasi Gudang Stok Pangan

Umumnya warga Muaro Jambi banyak  terserang penyakit  gatal pada kulit , kemudian sesak nafas , atau ISPA , hingga demam tinggi , warga Muaro Jambi hingga saat ini , banyak yang terus mendatangi ke Puskesmas terdekat diwilayah tersebut , saat banjir mulai surut dalam sepekan terakhir.

Selain itu , dampak bencana banjir yang selama ini merendam wilayah , hingga 6 kecamatan , dua pekan lalu , kini mulai berdampak pada  kesehatan warga, berdasarkan catatan dinas kesehatan setempat , ada seribu 972 kasus yang ditangani Pukesmas sepanjang banjir menggenangi permukiman warga.

BACA JUGA: Gubernur Al Haris Lantik Varial Adhi Putra Sebagai PJ Bupati Tebo

Dari ribuan kasus tersebut , tertinggi penyakit ISPA yang mencapai 632 kasus , kemudian diare 109 kasus dan sisanya merupakan penyakit gatal-gatal rematik dan sejumlah penyakit lainnya  dampak dari bencana banjir.

"Tidak begitu signifikan tetapi tetap ada peningkatan seperti ISPA sampai 1051, kemudian ada penyakit kulit sampai 166, tapi ada juga penyakit darah tinggi ada kenaikan sampai 356 tertinggi. Diantara jenis ini penyebabnya pasti karena kelembaban tinggi yang diakibatkan oleh hujan sehingga hawa dingin dari hujan, mengganggu pernapasan," ujar Afifudin - Kepala Dinas Kesehatan pada Rabu (27/3).

BACA JUGA:Menikmati Makanan Khas Turki di BW Luxury Jambi

"Ada beberapa kasus yang tercatat yaitu asma yang terjadi karena pengaruh alergi dingin juga muncul di 47 kasus. Selain itu, juga ada penyakit sendi dikarenakan terendam di dalam air banyak dikeluhkan sendinya pada ngilu-ngilu sakit juga ada dilaporkan oleh puskesmas kita," pungkasnya.

Sumber: