Ramadan Expo 2024 Kanwil Kemenag Jambi Sosialisasikan Sertifikat Halal

Ramadan Expo 2024 Kanwil Kemenag Jambi Sosialisasikan Sertifikat Halal

Ramadan Expo 2024 Kanwil Kemenag Jambi Sosialisasikan Sertifikat Halal-ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi JAMBI bersama Satuan Tugas Halal Provinsi JAMBI menggelar kegiatan ramadan expo di depan kantor kanwil agama Provinsi JAMBI (19-25/maret/2024).

Kakanwil Kemenag Jambi, Zoztafia menyampaikan bahwa, momentum bulan ramadan ini sebagai syiar kepada masyarakat dari berbagai aspek. Salah satunya adalah aspek ekonomi syariah melalui penguatan sertifikasi halal,serta pengelolaan zakat dan wakaf.

BACA JUGA:5 Ragam Ikan Asin yang Menggoda Selera Khas Jambi

“Ingin memperlihatkan dan memberi pelajaran mengenai betapa pentingnya mengurus ekonomi dalam Islam yang harus dikelola dengan baik,” ujarnya.

Upaya memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di provinsi Jambi dengan memfasilitasi pembuatan sertifikasi halal bagi pengelola UMKM.

“Harapanya, UMKM ini dapat bersaing dengan produk-produk lainnya dengan standar halal sebagai standar internasional. Negara di dunia ini, salah satu indikator produk itu adalah sertifikasi halal tersebut sebagai jaminan dari produk tersebut baik dikonsumsi,” tuturnya.

Oleh karena itu, Kanwil Kemenag Jambi bersama dengan Satgas Halal Provinsi Jambi berupaya bersama dalam menyosialisasikan sertifikasi halal tersebut secara lebih masif lagi, terutama dalam menyambut program Kementerian Agama RI, yaitu ”Wajib Halal Oktober 2024”.

BACA JUGA:Festival Arakan Sahur di Kuala Tungkal Jambi Menjadi 110 Event Terpilih Indonesia

Ketua Satgas Halal Provinsi Jambi, Abdullah Saman menuturkan bahwa, Ramadan Expo ini, Satuan Tugas Halal bergerak mensosialisasikan pentingnya seritfikasi halal bagi pelaku usaha, terutama terkait dengan program pemerintah Wajib Halal Oktober 2024.

“Dalam expo ini turut bergabung berbagai pelaku usaha yang tentunya diharapkan menyadari pentingnya sertifikat halal bagi jaminan produknya,” ungkapnya.

“Semoga dengan expo ini semakin banyak pelaku usaha yang datang dan mendaftarkan sertifikat halal bagi produknya karena sudah tersedia stan pendaftaran sertifikat halal gratis. Berharap, para pelaku usaha segera mendaftarkan baik melalui Kementerian Agama maupun mendatangi para pendamping seritfikat halal yang sudah tersebar di provinsi Jambi,” jelasnya.

BACA JUGA:IHSG Menguat pada Pembukaan Perdagangan, Prediksi Potensi Konsolidasi Hari ini!

Sekretaris Satgas Halal Provinsi Jambi, Nurcahaya mengharapkan dukungan penuh dari jajaran pemerintah maupun seluruh masyarakat dalam menyuarakan sertifikat halal ini.

“Mumpung masih gratis. Jadi, segera daftarkan. Nanti setelah Oktober 2024, tentunya pendaftaran sertifikat halal akan berbayar. Halal untuk semua,” ungkapnya.

Sumber: