Lapas Perempuan Jambi Berikan Izin Luar Biasa dan Mengawal Narapidana Melayat Keluarga yang Meninggal Dunia

Lapas Perempuan Jambi Berikan Izin Luar Biasa dan Mengawal Narapidana Melayat Keluarga yang Meninggal Dunia

Lapas Perempuan Jambi Berikan Izin Luar Biasa dan Mengawal Narapidana Melayat Keluarga yang Meninggal Dunia-Ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Dalam rangka pemenuhan Hak Warga Binaan dan Pelayanan Prima berbasis HAM, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB JAMBI yang merupakan unit pelaksana teknis di lingkungan kantor wilayah kementerian hukum dan HAM JAMBI memberikan izin khusus kepada salah seorang Warga Binaan Pemasyarakatan berinisial YA yang sedang mengalami kemalangan untuk melayat keluarganya (Adik kandung) yang meninggal dunia, Kamis (22/2). 

Dikutip dari laman resmi lapas perempuan Jambi, pelaksanaan izin khusus keluar lapas bagi warga binaan pemasyarakatan ini diatur di dalam UU No. 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan dan Peraturan Pemerintah No. 99 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua PP No. 32 Tahun 1999 Tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP.

BACA JUGA:Sehari Usai Pelantikan, Menteri ATR/BPN AHY Serahkan Sertifikat ke Masyarakat

Dalam pelaksanaannya, YA dikawal oleh Kasubsi Keamanan dan 2 orang staf beserta 2 orang dari Polres Muaro Jambi menuju rumah duka yang jaraknya tidak jauh dari Lapas Perempuan Jambi lebih kurang sekitar 5 KM.

BACA JUGA:Tower Latihan Satbrimob Diresmikan Secara Langsung oleh Kapolda Jambi

Setibanya di lokasi, YA diberikan kesempatan mengikuti seluruh prosesi pemulasaran mulai dari pemandian jenazah, salat jenazah, hingga pemakaman.

Izin luar biasa ini diterbitkan setelah dilengkapi surat jaminan dan pernyataan tertulis dari pihak keluarga selaku penjamin, surat dari kepala desa yang menerangkan kebenaran izin luar biasa, serta identitas penjamin, seperti KTP maupun Kartu Keluarga.

BACA JUGA:Kegiatan Pelatihan, Menuju Muaro Jambi Mantap Terdepan 2029

Setelah selesai pemakaman, YA beserta Kasubsi Keamanan dan 2 orang staf beserta 2 orang dari Polres Muaro Jambi langsung kembali ke Lapas Perempuan Jambi. Kegiatan ini berjalan dengan aman dan tertib.

Sumber: