Deteksi Dini Segala Penyakit Kanker, Menkes Budi Sebut 90 Persen Pasien dapat Sembuh Jika Ditemukan Cepat

Deteksi Dini Segala Penyakit Kanker, Menkes Budi Sebut 90 Persen Pasien dapat Sembuh Jika Ditemukan Cepat

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin-ist-

JEKTVNEWS.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, mengatakan kanker memiliki peluang kesembuhan yang sangat besar. Persentase kesembuhan kanker apabila diketahui sejak stadium awal mencapai 90%.

Satu hal yang paling penting adalah deteksi dini. Melalui keterangan resminya pada hari Selasa (6/2), Menkes Budi menyatakan bahwa 90% pasien dapat sembuh jika ditemukan cepat, dan 90% pasien akan meninggal jika ditemukan terlambat.

Namun, kesadaran masyarakat tentang deteksi dini masih rendah. Ini karena masyarakat takut dengan diagnosa dan penanganan kanker.

BACA JUGA:5 Cara Menjaga Semangat Demokrasi Berkualitas di Pemilu 2024

Akibatnya, angka harapan hidup pasien kanker yang datang ke rumah sakit sudah dalam stadium lanjut.

Menkes Budi menyatakan bahwa sekitar 70% perempuan tidak mengetahui bahwa mereka mengidap kanker payudara. Oleh karena itu, pemerintah terus berusaha mendorong program deteksi dini.

Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah melengkapi puskesmas dan RS dengan peralatan kesehatan yang canggih dan modern. Misalnya, pemerintah telah melengkapi 10 ribu puskesmas dengan alat USG untuk menangani kanker payudara sejak 2022.

Selain itu, pemerintah melakukan upaya untuk menghentikan kanker serviks dengan memberikan imunisasi HPV dan tes DNA HPV, serta penanganan kanker paru-paru dengan memasang gambar CT-Scan di 514 rumah sakit di 514 kabupaten/kota.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Sri Purwaningsih Pastikan Kota Jambi Menjadi Wilayah Penyelenggara Pemilu 2024 Secara Damai

Sementara itu, Menkes Budi menyatakan bahwa pemerintah akan menyediakan alat koloniskopi di 514 RS di 514 kabupaten/kota untuk kanker usus besar, yang merupakan penyebab kematian nomor dua pada laki-laki.

Menkes Budi berharap pemenuhan peralatan kesehatan tersebut dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan upaya deteksi dini dan penanganan kanker yang tepat dan cepat.

Selain itu, deteksi dini penyakit mematikan ini dapat meningkatkan harapan hidup pasien.

BACA JUGA:Tradisi Makan Tempoyak di Jambi, Sensasi Asam Pedas yang Menggugah Selera

"Ayo, deteksi dini, jangan lihat kanker itu sebagai sesuatu yang menakutkan, tapi lihat kanker sebagai sesuatu yang memberikan harapan, optimisme, dan pasti bisa disembuhkan, asal kita mau deteksi dini," kata Menkes Budi.

Sumber: