Presiden Jokowi Rilis BLT Baru Rp200 Ribu/bulan, Bantuan untuk 18 Juta KPM hingga Maret 2024

Presiden Jokowi Rilis BLT Baru Rp200 Ribu/bulan, Bantuan untuk 18 Juta KPM hingga Maret 2024

Presiden Jokowi Rilis BLT Baru Rp200 Ribu/bulan, Bantuan untuk 18 Juta KPM hingga Maret 2024--setkab.go.id

JEKTVNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pemberian bantuan sosial (bansos) baru dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp200 ribu per bulan, yang akan berlaku dari Januari hingga Maret 2024. Dengan anggaran mencapai Rp11,2 triliun, bantuan ini diumumkan di tengah masa kampanye Pemilu 2024. Bansos ini ditargetkan untuk 18 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan akan diberikan secara sekaligus pada bulan Februari 2024. Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menjelaskan bahwa bantuan tersebut akan dirapel sehingga warga mendapatkan total Rp600 ribu sekaligus.

BACA JUGA:Mandiri Sekuritas Proyeksikan IHSG 7.640 di Akhir 2024 dengan Pertumbuhan Sektor Unggulan

"Diberikan langsung tiga bulan pada Februari," ujar Sri Mulyani di Kantor Kemenko Perekonomian pada Senin, 29 Januari 2024. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menambahkan bahwa BLT ini akan disertai dengan bantuan beras sebanyak 10 kilogram. Pemberian bantuan beras ini diperpanjang hingga Juni 2024. "Bantuan pangan beras sampai Juni sebesar 10 kg, dan BLT dengan judul mitigasi risiko pangan untuk tiga bulan," kata Airlangga.

BACA JUGA:Suara Serius Sri Mulyani Soal Indonesia Di Ambang Krisis Iklim

Bansos ini akan dievaluasi setiap tiga bulan, dan apabila terbukti bermanfaat bagi masyarakat, kemungkinan besar akan diperpanjang. "Jumlahnya Rp200 ribu per bulan, sehingga tentu ini baru kita anggarkan, yang disetujui Bu Menkeu dan dievaluasi 3 bulan. Jadi sampai Maret dulu, nanti kita evaluasi baru berikutnya kita lihat lagi," pungkasnya. Keputusan Presiden Jokowi ini diharapkan dapat memberikan bantuan signifikan kepada masyarakat dalam menghadapi tantangan ekonomi di tengah pandemi dan membantu mitigasi risiko pangan di Indonesia.

Sumber: