Ditemukan Kasus Lumpuh Layu Akut Akibat Virus Polio Pada Anak di Indonesia

Ditemukan Kasus Lumpuh Layu Akut Akibat Virus Polio Pada Anak di Indonesia

Ditemukan Kasus Lumpuh Layu Akut Akibat Virus Polio Pada Anak-Ist -

dr. Maxi menjelaskan jika Virus Polio tersebut masuk ke dalam tubuh anak yang belum mendapatkan imunisasi polio atau imunisasi polionya tidak lengkap, virus akan sangat mudah berkembang biak di dalam saluran pencernaan dan menyerang sistem saraf anak sehingga menyebabkan kelumpuhan.

Untuk menanggulangi dan memutus transmisi penularan virus polio, Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk berperan aktif.

Pertama, masyarakat harus memastikan anak-anak mereka memperoleh imunisasi rutin polio lengkap sesuai usia, yaitu 4 kali polio tetes dan 2 kali polio suntik, sebelum usia 1 tahun.

BACA JUGA:Jaga Lingkungan Tetap Bersih, Warga Binaan Gotong Royong di Sekitar Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi

Kedua, memastikan seluruh anak usia 0 sampai 7 tahun di seluruh wilayah provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur serta Kabupaten Sleman Provinsi DIY memperoleh 2 dosis imunisasi polio tetes tambahan pada kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) yang akan dilaksanakan mulai 15 Januari 2024.

Ketiga, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk buang air besar (BAB) di jamban dengan septic tank dan cuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah buang air.

BACA JUGA:Program Reformasi Agraria, Bupati Muaro Jambi Minta Masyarakat Memanfaatkan Sertifikatnya dengan Bijak

Keempat, masyarakat diimbau segera melapor kepada petugas kesehatan atau puskesmas terdekat bila menemukan anak usia di bawah 15 tahun dengan gejala lumpuh layu mendadak.

Sumber: