Kehilangan Pekerjaan Karena Lockdown, 2 Seleb India Tewas Gantung Diri

Kehilangan Pekerjaan Karena Lockdown, 2 Seleb India Tewas Gantung Diri

Pandemi Covid-19 tak hanya memakan korban jiwa. Tetapi juga menyebabkan gangguan ekonomi dan psikologis karena kebijakan lockdown di berbagai negara. Di India, dua selebriti dikatakan mengalami stres selama masa lockdown dan memutuskan gantung diri hingga tewas. Mereka adalah aktor Manmeet Grewaland dan aktris Preksha Mehta.

Preksha Mehta diketahui tewas gantung diri pada, Selasa (26/5). Seperti negara lain, syuting TV dan film telah ditangguhkan sejak pertengahan Maret untuk membantu mencegah penyebaran virus Korona baru. Kondisi ini telah membuat banyak aktor dan teknisi menganggur seperti dilansir dari Gulf News, Jumat (29/5).

Dalam Story Instagram terakhirnya, Preksha menulis dalam bahasa India Sabse bura hota hai sapno ka mar jaana artinya (Kematian impian Anda adalah hal terburuk). Beberapa posting media sosial terakhirnya juga mengisyaratkan penderitaan mental yang dia alami.

Tubuh Mehta dilaporkan ditemukan tergantung di langit-langit kipas angin saat ditemukan anggota keluarganya. Dia diyakini menderita depresi karena kehilangan pekerjaan yang disebabkan oleh wabah Coronavirus.

Preksha Mehta, 22, terkenal lewat film ‘Meri Durga’ dan ‘Laal Ishq’. Dia juga tampil dalam film Bollywood Akshay Kumar Padman.

Berbicara kepada Times Of India, sepupu Preksha, yang tinggal dekat rumahnya di Indore, mengatakan Preksha adalah gadis yang bersemangat sejak kecil. Tapi belakangan ini dia sangat pendiam.

Pada malam sebelum kematiannya, keluarganya sempat bermain kartu, tetapi Preksha duduk sendirian di tangga rumah. Chachi (ibu Preksha) bertanya apakah dia baik-baik saja, tetapi dia bilang dia baik-baik saja.

Sekitar jam 10 malam Preksha pergi ke kamarnya di lantai atas dan memposting pesan di Instagram-nya. Keesokan paginya ketika Chachi pergi untuk membangunkannya yoga, dia menemukan kamarnya terkunci dan memanggil orang lain untuk membantu membuka pintu. Begitu masuk, mereka menemukan Preksha tergantung dari kipas langit-langit.

Kabarnya, Preksha adalah satu-satunya dari keluarganya yang mengejar karir di industri hiburan. Dia pekerja keras dan mewujudkan mimpinya sendirian.

“Jadi harapannya sangat tinggi,” tambah sepupunya.

Inspektur Polisi Rajeev Bhadoriya, berbagi catatan bunuh diri satu halaman ditemukan di kamar Preksha. Dia menulis tentang bagaimana dia berusaha keras untuk tetap positif sepanjang masa-masa ini tetapi tidak bisa. Tulisan itu berbunyi bahwa dia sangat tertekan karena tidak mendapatkan pekerjaan.

Sebelumnya, aktor India, Manmeet Grewal juga tewas bunuh diri pada 15 Mei 2020. Dia bunuh diri karena krisis keuangan. Aktor TV Manmeet Grewal melakukan bunuh diri, juga dengan cara gantung diri di langit-langit kipas angin. Penyebab bunuh diri adalah kesulitan keuangan karena lockdown.

Tanggapan Psikiater

Covid-19 tidak hanya membawa situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi bisnis dan pemerintah, tetapi juga membawa tekanan mental. Bunuh diri yang dilakukan aktor TV Manmeet Grewaland dan aktris Preksha Mehta menunjukkan betapa brutalnya aksi mereka.

Sumber: