Hilirisasi Produk Inovasi Unja, Tingkatkan Produktivitas Produksi Pupuk Organik di Desa Ibru

Hilirisasi Produk Inovasi Unja, Tingkatkan Produktivitas Produksi Pupuk Organik di Desa Ibru

Tingkatkan Produktivitas Produksi Pupuk Organik di Desa Ibru-Ist -

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Desa adalah salah satu komponen penting bagi tegaknya kesejahteraan di Indonesia. Berbagai sumber daya alam berasal dari desa. Selain itu, banyak potensi besar yang tersimpan di desa.

Setiap desa, memiliki potensi yang berbeda dan setiap desa pasti memiliki potensi jika digali lebih detail. Secara global terjadi perubahan pola pikir mengenai desa.

Desa, tak lagi dipandang sebagai suatu ciri terbelakang dan pra sejahtera, melainkan menjadi suatu bagian penting dalam globalisasi.

Oleh sebab itu, pemerintah mekemudian mengeluarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (Diwangga, 2018). Undang-undang tersebut memberikan semacam trigger untuk masyarakat agar lebih termotivasi untuk membangun desa.

Jika masing-masing desa di Indonesia memiliki motivasi dan kreativitas untuk membangun desa, maka pembangunan di Indonesia secara perlahan akan semakin lebih baik.

BACA JUGA:Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Rapat Kerja LAM Kita Harap Banyak Program Terbentuk

UU No. 6 Tahun 2014 pemerintah memberikan penegasan kembali untuk mengoptimalkan pelaksanaan undang-undang tersebut.

UU tersebut harus menjadi panduan utama dalam proses pelaksanaan kegiatan di desa, baik yang pemerintahan ataupun non pemerintahan. Harapannya, implementasi undang-undang itu dapat memajukan pembangunan desa.

Pembangunan desa dan kawasan pedesaan merupakan faktor penting bagi pembangunan daerah, pengentasan kemiskinan dan pengurangan kesenjangan antar wilayah (Soleh, 2017). Secara umum, pemerintah telah menerbitkan “tool” yang dapat digunakan sebagai acuan pengembangan desa.

Meski pola pengembangan desa telah memiliki teknik yang jelas (Tabel 1), namun tugas utama desa adalah menemukan potensi yang kemudian bisa dikembangkan. 

Salah satu program yang dikembangkan di Unja guna mengoptimalkan potensi desa sekaligus sebagai wadah pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi adalah Program Desa Laboratorium Terpadu (DLT).

DLT merupakan program unggulan Universitas Jambi yang dikembangkan sejak tahun 2021 dan menjadi bagian tak terpisahkan dari 3 komponen Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

BACA JUGA:Terkenal Kaya Rempah dan Cita Rasa yang Kuat, Inilah 5 Kuline Khas Aceh

Salah satu program DLT adalh melakukan hilirisasi teknologi untuk kemaslahatan desa.

Sumber: