Ratusan Guru Pensiun mengakibatkan Pemerintahan Provinsi Jambi kekurangan tenaga Guru

Ratusan Guru Pensiun mengakibatkan Pemerintahan Provinsi Jambi kekurangan tenaga Guru

Ratusan Guru Pensiun mengakibatkan Pemerintahan Provinsi Jambi kekurangan tenaga Guru -Jektvnews-

JAMBI JEKTVNEWS.COM- Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mencatat setiap tahun terdapat ratusan guru di Provinsi Jambi yang memasuki masa pensiun, sedikitnya di tahun 2023 terdapat 160 guru yang sudah memasuki masa pensiun atau purna bakti.

Banyaknya guru kejuruan yang memasuki masa pensiun membuat Provinsi Jambi kekurangan guru kejuruan khususnya di Sekolah Menengah Atas (SMA) Dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

BACA JUGA:Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital Kepada Para Pelajar

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kepegawaian (GTK) Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Ilham Kholik mengatakan “untuk pensiun saya pikir sekitaran angka 160 han untuk guru-guru yang pensiun, pensiun maksudnya disini adalah pensiun secara normal karena batas usia pensiun tetapi bisa saja karena disipliner atau bisa saja karena meninggal dunia”

ratusan guru tersebut memasuki masa pensiun secara normal yakni di usia 60 tahun sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

BACA JUGA:Sejarah Kota Palembang: Jejak Peradaban yang Kaya di Tepian Musi

Untuk menutupi kekurangan guru kejuruan tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Jambi melakukan rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) yang sedang berlangsung.

BACA JUGA: Dampak Buruk Pembakaran Sampah Terhadap Kualitas Udara dan Kesehatan Manusia

Kabid GTK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Ilham Kholik mengatakan kurang lebih pemprov jambi masih kekurangan 5.000 guru di tingkat SMA, SMK, dan SLB.

Ryan Cen-Cen, Jektv Melaporkan

Sumber: