Komunitas Tuli di Jambi Belajar Al-Quran dengan Bahasa Isyarat

Komunitas Tuli di Jambi Belajar Al-Quran dengan Bahasa Isyarat

Komunitas Tuli di Jambi Belajar Al-Quran Bahasa Isyarat-Baznas Jambi-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Sekitar 20 orang dari komunitas tuli dan tuna wicara mengunjungi booth Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Pameran Seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqah Hadits (STQH) Nasional ke-27 JAMBI pada Rabu, (1/11).

Mereka tampak asyik dan antusias memperhatikan pengajar Al-Quran bahasa isyarat. Bagi komunitas tuli dan tuna wicara kesempatan untuk belajar Al-Quran termasuk jarang.

BACA JUGA:Tanggapan Syarif Fasha Terkait Calon Pj Wali Kota Jambi dari Pejabat Internal Kemendagri

Ida Zulfiyah, pengajar Al-Quran bahasa isyarat menjelaskan, pelatihan Al-Quran bahasa isyarat kali ini diikuti oleh komunitas dari GERKATIN (Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia) Provinsi Jambi.

"Peserta sekitar dua puluh orang. Mereka belajar Al-Quran bahasa isyarat mulai dari huruf hijaiyah, harakat dan seterusnya," jelas Ida.

BACA JUGA:Pedagang Emas Tidak Memiliki Faktur Pajak? Begini Penjelasan DJP

Program ini adalah bagian dari Program Training of Trainers (ToT) Pengajar Al-Quran Bahasa Isyarat bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara di 34 Provinsi yang digulirkan BAZNAS.

Tujuannya, mempersiapkan pengajar kompeten, memfasilitasi akses pendidikan Al-Quran bagi penyandang disabilitas sensorik, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan dan kebutuhan penyandang disabilitas sensorik dalam mendapat akses pendidikan agama.

BACA JUGA:Melacak Kebenaran di Layar: Film Jurnalis yang Menginspirasi

"Semoga teman-teman yang sudah belajar hari ini bisa mengajarkannya lagi kepada teman-teman tuli lainnya," kata Ida. 

Menurutnya, Al-Quran bahasa isyarat sangat penting dikenalkan kepada teman-teman tuli muslim di seluruh Indonesia.

"Selama ini teman-teman tuli belum mendapatkan akses keagamaan. Padahal hak keagamaan sudah diatur dalam undang-undang No. 8 Tahun 2016 tentang disabilitas. Mereka mempunyai hak yang sama," ungkapnya.

BACA JUGA:Pentingnya Karbohidrat dalam Gizi dan 7 Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Mushaf Al-Quran Bahasa Isyarat diproduksi oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Balitbang Diklat Kemenag RI.

Sumber: