DPKP Kota Jambi resmi luncurkan Aplikasi Hello Si Tani Kota Jambi

DPKP Kota Jambi resmi luncurkan Aplikasi Hello Si Tani Kota Jambi

DPKP kota Jambi resmi luncurkan Aplikasi hello Si Tani Koja-Jektvnews-

JAMBI JEKTVEWS.COM - Pemerintah Kota Jambi bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kota Jambi, resmi meluncurkan aplikasi terbaru bernama hello si Tani atau  (sistem informasi pertanian dan ketahanan pangan) Kota Jambi.

Helo si Tani merupakan  aplikasi mengenai layanan Pertanian, Perikanan dan Peternakan di Kota Jambi. Yang diperuntukkan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi mengenai layanan pertanian, perikanan dan peternakan.

BACA JUGA:9.515 Kotak Suara Pemilu 2024 Tiba di Gudang Logistik KPU Kota Jambi

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yakni fitur layanan bidang pertanian tanaman pangan dan holtikultura, fitur layanan bidang kesehatan hewan (keswan) dan  fitur layanan bidang bidang informasi kesehatan ikan terpadu (sikandu).

Menurut Kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan kota Jambi Evridal Asri, mengatakan aplikasi ini sebagai bentuk upaya DPKP agar dapat berkomunikasi dengan masyarakat, terutama para  petani di kota Jambi, salah satunya memuat informasi terkait harga maupun bibit tanaman yang dibutuhkan oleh petani.

Saat ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi membina lebih dari 300 kelompok tani dan lebih dari 100 kelompok wanita tani (KWT) biasanya kelompok tani beranggota 15 sampai 25 orang.

BACA JUGA:Pangdam ll/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil Apresiasi Kepemimpinan Wali Kota Jambi

Pada layanan bidang Peternakan dan Kesehatan hewan memiliki fitur inseminasi buatan, pembuatan SKKH dan SKKPH.

Selanjutnya pada layanan sistem informasi kesehatan ikan terpadu meliputi fitur penguji kualitas air, penguji penyakit ikan, bantuan obat ikan, dan hasil uji laboratorium.

“Adanya Aplikasi ini terutama Petani mudah mendapatkan informasi terkait pertanian, peternakan, perikanan, ketahanan pangan dan keamanan pangan. Segala sesuatu terkait pertanian dan ketahanan pangan lengkap melalui aplikasi ini. Petani juga bisa mendapatkan informasi mengenai harga bibit, harga dan jenis ikan, yang jelas aplikasi ini memepermudah koordinasi petani dan dinas” ujar Evridal Asri.

BACA JUGA:Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto Ajak Masyarakat Jambi Sukseskan STQH Tingkat Nasional

Aplikasi ini hadir sebagai bentuk upaya DPKP Kota Jambi untuk mempermudah masyarakat, lembaga,  khususnya petani di kota Jambi dalam mengakses informasi mengenai pertanian, perikanan dan peternakan.

Sumber: