Sepak Terjang Gibran Rakabuming Raka, Dari Pengusaha hingga Jadi Cawapres Pendamping Prabowo

Sepak Terjang Gibran Rakabuming Raka, Dari Pengusaha hingga Jadi Cawapres Pendamping Prabowo

Sepak Terjan Gibran Rakabuming Sampai Jadi Cawapres--instagram @gerindra

JEKTVNEWS.COM - Koalisi Indonesia Maju (KIM) secara resmi mengumumkan bahwa Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akan menjadi calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Pengumuman tersebut disampaikan setelah pertemuan para ketua umum partai KIM di Kertanegara pada malam Minggu, 22 Oktober. Dalam pengumuman tersebut, Prabowo menyatakan bahwa mereka telah mencapai konsensus untuk mengusung Prabowo sebagai calon presiden KIM untuk periode 2024-2029, dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari KIM. Prabowo juga mengungkapkan niatnya untuk mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 25 Oktober mendatang.

Gibran, sebelum menjabat sebagai walikota Solo, dikenal sebagai seorang pengusaha. Ia terlibat dalam berbagai bisnis, beberapa di antaranya dilakukan secara kolaboratif dengan pihak lain, termasuk adiknya, Kaesang Pangarep. Berikut daftar bisnis yang pernah ditekuni oleh Gibran yaitu Chili Pari, bisnis katering dengan konsep one-stop wedding solution, menyediakan berbagai layanan terkait pernikahan seperti gedung, souvenir, undangan, riasan pengantin, hingga konsultasi pernikahan. Kemudian, Markobar atau Martabak Kota Barat adalah bisnis martabak manis yang telah berkembang pesat sejak 2015. Saat ini, Markobar memiliki 33 gerai di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Wamen ATR/Waka BPN Serahkan Sertipikat Tanah Wakaf di Jawa Barat

Gibran juga menjajah bisnis kuliner berbahan dasar pasta dengan sentuhan bumbu khas nusantara yang dinamakan Pasta Buntel. Pasta Buntel berbeda dengan pasta pada umumnya karena dibungkus daun pisang layaknya pepes. Mengikuti tren rice bowl, Gibran kembali mendirikan bisnis dengan nama Mangkok Ku, bisnis ini didirikan pada pertengahan 2019. Gibran berkolaborasi dengan Kaesang, Chef Arnold Purnomo, dan Randy Julius dalam usaha ini.

Tak puas hanya menjajah di bidang kuliner, Gibran juga mendirikan bisnis di industri board game yang didirikan bersama Kaesang dan dinamakan Hompimpa Games. Hompimpa Games adalah seorang publisher yang menerbitkan berbagai game, termasuk Math Cat dan The Art of Batik. Kemudian bisnis terkahirnya merupakan usaha pembuatan jas hujan yang melibatkan Gibran dan Kaesang. Jas hujan tersebut memiliki desain unik dengan tulisan "Tugas Negara Bos!" dan gambar garuda di bagian depannya.

BACA JUGA:Proyeksi Pergerakan IHSG dan Sentimen Pasar Saham Masa Daftar Capres-Cawapres

Meskipun Gibran memiliki sejumlah bisnis yang sukses, ada beberapa bisnis yang tidak berjalan sesuai harapan dan akhirnya gulung tikar. Beberapa di antaranya adalah Goola, Siapmas, dan Ternakopi. Goola adalah bisnis minuman tradisional Indonesia yang berhenti beroperasi sejak 2020. Siapmas merupakan produsen minuman tradisional siap seduh dan camilan yang juga tidak bertahan. Ternakopi, usaha kopi kekinian, juga ditutup selama pandemi COVID-19 karena kurangnya minat dari pelanggan. Dengan pengumuman Gibran sebagai cawapres mendampingi Prabowo, akan menarik untuk melihat bagaimana karir politik dan bisnisnya akan berkembang dalam periode yang akan datang.

Sumber: